JAKARTA TODAY – Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mengungkapkan ada 100 pulau di Indonesia yang masuk ke dalam opsi tempat pembangunan rumah sakit (RS) khusus wabah penyakit menular. Namun Terawan tidak menyebutkan pulau mana saja yang dia maksud.

“Ada 100 pulau, banyak banget,” kata Terawan, Jumat (7/2/2020).

Terawan mengatakan ke-100 pulau tersebut masih dalam pembahasan antara dirinya dengan Mahfud. Pulau-pulau tersebut masih dikaji dari berbagai aspek.

BACA JUGA :  Ribuan Warga Serukan DOB Bogor Barat di Leuwiliang, Dihadiri Pj Bupati dan Jaro Ade

“Masih dipelajari segala aspek geologi, politik kemudian masalah ekonomi, pemeliharaan pertahanan, keamanan, semua ditinjau,” kata Terawan.

Nantinya dari 100 pulau tersebut, Terawan mengatakan akan menyeleksinya hingga 1 lokasi yang dianggap sesuai.

Sesuai namanya, RS penyakit menular ini akan dijadikan tempat observasi serta perawatan penyakit menular. Arahan untuk membangun RS ini diberikan oleh Presiden Jokowi usai merebaknya penyebaran virus corona di China.

BACA JUGA :  Cegah Penularan HIV AIDS, RSUD Leuwiliang Lakukan Penyuluhan Kepada Pasien dan Pengunjung

Terawan mengatakan RS yang akan dibangun nanti tidak hanya akan diperuntukkan untuk merawat orang yang terjangkit virus corona saja.

“Ada banyak (penyakit). Sempat juga tadi dibahas bagaimana penyakit-penyakit menular misal TBC, TBM, malaria, nah ini jadi bagaimana hal yang dibicarakan,” kata Terawan. (net)

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================