“Memang banyak pemekaran wilayah yang gagal, tetapi di Provinsi Jawa Barat berhasil. Misalnya Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Pangandaran, Kota Cimahi, Kota Depok dan Provinsi Banten, berhasil menjadi wilayah baru hingga saya minta Bogor Barat ini disetujui menjadi daerah persiapan pemekaran selama dua hingga tiga tahun lalu, dievaluasi kelayakannya menjadi kabupaten terpisah dari Kabupaten Bogor,” jelas Ade Yasin.

Di samping itu, sebagai daerah persiapan pemekaran, Pemkab Bogor sebagai daerah induk, menggelontorkan anggaran sekitar Rp75 miliar untuk persiapan pembentukan DOB Kabupaten Bogor Barat.

BACA JUGA :  Hindari 5 Makanan Penyebab Kamu Pikun, Ternyata Sering Dikonsumsi

Ade Yasin menyebut, anggaran itu disiapkan untuk daerah persiapan pemekaran selama tiga tahun. Anggaran itu pun, sambungnya, juga
dibagi dalam tiga tahap untuk keperluan pemenuhan operasional dan persiapan pembentukan DOB.

“Per tahunnya Pemkab menggelontorkan Rp25 miliar. Karena tiga tahun persiapan, jadi total jadi Rp75 miliar,” kata Ade Yasin.

BACA JUGA :  Simak 5 Menu Sarapan Terbaik Ini untuk Berikan Energi dan Tingkatkan Suasana Hati

Meski begitu ia mengatakan, bahwa anggaran tersebut masih sangat mungkin untuk bertambah. Mengingat Pemkab Bogor masih memiliki tanggung jawab untuk mengawasi sebagaimana peran daripada daerah induk.

“Bisa bertambah, tapi sementara kita anggarkan tidak terlalu besar. Karena kita khawatir malah akan menjadi Silpa,” tandas Ade Yasin. (Firdaus)

Halaman:
« ‹ 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================