CIBINONG TODAY – Pembangunan Kebun Raya Cibinong di Kompleks Cibinong
Science Center Botanical Garden (CSC-BG) Lembaga Ilmu pengetahuan Indonesia (LIPI), Cibinong, Kabupaten Bogor, ditargetkan beroperasi pada November mendatang.

Kepala LIPI Laksana Tri Handoko mengatakan, saat ini pembangunan yang mencuat sejak awal tahun 2019 itu baru selesai sekitar 50 persen.

“Saat ini progres pembangunan Kebun Raya Cibinong memang sudah mendekati final. Tapi dari kebutuhan total koleksi dan luasan yang direncanakan sekitar 60 hektar, baru setengahnya atau 30 hektar yang rampung dan sudah diisi koleksi tanaman endemik,” kata Laksana.

Disamping itu ia menjelaskan, dari 60 hektar lahan yang akan digunakan, nanti akan dipenuhi fasilitas. Seperti fasilitas greenhouse raksasa.

BACA JUGA :  Lokasi SIM Keliling Kabupaten Bogor, Jumat 17 Mei 2024

Namun dalam pembangunan greenhouse tersebut, sambungnya, tidak lah mudah. Lantaran harus diisi tanaman dan pohon-pohon yang berasal dari dataran tinggi dengan kondisi lahan basah, sehingga harus ada modifikasi.

“Koleksi baru separuh dari total 60 hektare, yang terisi. Idealnya kan semua terisi. Jadi 60 hektar itu seperti taman mini, tapi isinya tanaman endemik dari Indonesia dari daratan tinggi basah. Ini nggak ada prototipe-nya, itu baru ada pertama nanti, yang betul-betul total ya,” tutur Laksana.

Namun ia mengatakan jika pembangunan ini bakal lebih seperti Kebun Raya Bogor. Hanya saja, dengan pembeda mengintegrasikan eduwisatanya. Dimana pengunjung juga akan bisa melihat teman-teman peneliti di LIPI yang sedang bekerja.

BACA JUGA :  Jadwal Pertandingan Thailand Open 2024, 14 - 19 Mei 2024

“Kita sih pengennya November ini bisa dibuka ya paling lambat, dengan pembeda ada eduwisata. Pengunjung bisa lihat peneliti LIPI bekerja, meneliti spesimen misalnya. Kan disini banyak tempat risetnya ya, jadi terintegrasi dan belum ada di tempat lain,” jelas pria berkacamata.

Sebagai informasi, Kebun Raya CSC-BG itu dirintis LIPI sejak tahun 2002, dengan kawasan luas total mencapai 189 hektare dan baru sekitar 32 hektare lahan yang dimanfaatkan sebagai kebun raya.

Pemanfaatan Kebun Raya Cibinong dinilai masih belum maksimal lantaran pengelolaan masih menginduk di Kebun Raya Bogor. Sehingga pada Februari 2019, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor melakukan penandatangan kerjasama dengan LIPI terkait rencana pengembangan Kebun Raya Cibinong. (Firdaus)

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================