“Dilarang untuk berkumpul di dalam dan di luar bar yang terbuka untuk umum … Kita tidak bisa membiarkan diri kita dalam kesempatan pertemuan, yang menjadi kesempatan untuk penularan. Percaya pada saya, ini tidak mudah, saya sungguh menyadari keseriusan langkah-langkah ini bagi seluruh negara tapi saya terpaksa campur tangan dalam cara yang lebih tegas,” tuturnya.

Lebih lanjut, PM Conte menyatakan langkah lockdown secara nasional ini akan berlaku mulai Selasa (10/3/2020) waktu setempat hingga 3 April mendatang. Seluruh sekolah dan universitas juga akan diliburkan hingga April mendatang.

“Keputusan yang tepat hari ini adalah tetap tinggal di dalam rumah. Masa depan kita dan masa depan Italia ada di tangan kita. Tangan-tangan ini harus lebih bertanggung jawab hari ini dibandingkan sebelumnya,” ujarnya.

BACA JUGA :  Sekda Syarifah Sofiah Hadiri Halalbihalal PCNU Kota Bogor

Italia sebelumnya memberlakukan isolasi terhadap wilayah utara negara tersebut, tepatnya sekitar Milan dan Venice, yang menjadi pusat penyebaran wabah ini. Jumlah korban meninggal di Milan, yang masuk wilayah Lombardy yang terdampak virus corona terparah, mengalami lonjakan 25 persen dalam sehari menjadi 333 orang.

Seluruh bioskop, teater dan museum di Lombardy ditutup untuk sementara, dengan restoran-restoran dibatasi jam operasionalnya.

BACA JUGA :  Makan di Hajatan Khitanan, 166 Warga Purwakarta Keracunan Massal

Dengan lockdown nasional diberlakukan, perjalanan keluar dan masuk Italia juga pergerakan antar kota akan dibatasi. Namun belum diketahui secara jelas bagaimana langkah-langkah ini akan diberlakukan. Diketahui bahwa sejumlah layanan kereta dan penerbangan masih beroperasi di Milan pada Senin (9/3/2020) waktu setempat meskipun lockdown telah diberlakukan lebih awal untuk wilayah Lombardy.

“Kita tidak punya waktu. Angka-angka menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam penularan, orang-orang yang dirawat intensif dan jumlah kematian. Kebiasaan kita harus berubah sekarang juga. Kita harus memberikan beberapa hal untuk Italia,” tandas PM Conte. (net)

Halaman:
« ‹ 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================