BOGOR TODAY – Walaupun masih dalam kondisi pandemi, tidak menyurutkan semangat PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk Kompleks Pabrik Citeureup dan Kampung Ramah Lingkungan (KRL) Sawargi Sadaya 45 (SS45) untuk memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2021 dengan melakukan edukasi sampah secara daring kepada masyarakat melalui webinar yang bertajuk “Kelas Daur Ulang”. Sebagai percontohan, dalam webinar tersebut Indocement mengangkat program pengelolaan sampah di salah satu desa mitra Indocement, Kampung Cigeger, Desa Citeureup, Kecamatan Citeureup, Kabupaten Bogor.

“Pengelolaan sampah di Kampung Cigeger yang digerakkan KRL SS45 merupakan salah satu program unggulan Indocement dalam hal perberdayaan berkelanjutan. Kegiatan ini bertujuan agar masyarakat memiliki pengetahuan dasar dan pemahaman akan peraturan perundang-undangan pengelolaan lingkungan serta tata cara pengelolaan sampah skala rumah tangga melalui bank sampah,” papar CSRS Division Manager PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk, Gadang Wardono.

BACA JUGA :  Lokasi SIM Keliling Kota Bogor, Jumat 19 April 2024

Edukasi pengelolaan sampah dalam webinar ini disampaikan dalam 4 sesi pertemuan yang berbeda dimulai sejak 21 dan 28 Februari kemudian 7 dan 14 Maret 2021. Nara sumber webinar diisi oleh Ade Iman Muslimin dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bogor, Bambang Nugroho Yulianto dari CSR Indocement, Kholid Samsurrizal dari P4M Indocement, Virgowati Mitra DLH Kabupaten Bogor, dan M. ArifRahmat Master Mentor SIGAP UMKM.

BACA JUGA :  Resep Membuat Semur Daging dan Kentang untuk Menu Andalan Keluarga

“Materi edukasi pengelolaan sampah yakni tentang, peraturan perundang-undangan pengelolaan lingkungan, teknik penanganan limbah lingkungan melalui bank sampah, teknik pembuatan kompos skala rumah tangga, teknik daur ulang sampah non organic dan strategi penjualan hasil pengolahan limbah,” kata dia.

============================================================
============================================================
============================================================