Oleh : Heru B Setyawan (Guru SMA Pesat School Of Talent)

Pemimpin kaya dan berilmu itu baru hebat, karena sebagai pemimpin dengan ilmunya dan kekayaannya bermanfaat buat dirinya sendiri, keluarga, tetangga, saudara, lingkungan bahkan bangsa dan negara. Bukan seperti koruptor yang mencuri uang negara dan menyengsarakan rakyat, harusnya uang itu untuk membangun jalan yang rusak atau untuk Bansos (Bantuan Sosial), eh diembat juga oleh koruptor.

Baca Juga : JOKOWIMERASA LEBIH BAIK DARI SOEKARNO DAN SOEHARTO

Kata nitizen mengkorupsi bansos itu lebih kejam dari pada teroris yang sebar bom. Kalau kata ahli hukum pidana koruptor Bansos layak dihukum dor…dor…mati, agar yang mau korupsi jadi takut.

Kembali ke laptop, sudah jadi pemimpin, kaya, terkenal, berilmu dan soleh lagi, maka semua kebijakannya atau perbuatannya selalu bermanfaat bagi orang banyak. Orang biasa berilmu dan kaya itu biasa, tapi jika seorang pemimpin yang menjadi publik figure berilmu dan kaya itu baru luar biasa dan top markotop bro. Karena sebagai publik figure dampak manfaatnya akan lebih banyak dan dahsyat.

BACA JUGA :  Cara Membuat Dendeng Batokok ala Restoran Padang yang Lezat Anti Gagal

Jika seorang pemimpin terendah adalah keluarga, maka dampak kepemimpinannya, kekayaannya, ilmunya dan solehnya terbatas pada keluarga tersebut. Atau paling jos gandhos pengaruhnya sampai keluarga besarnya, tetangganya dan temannya.

Maka jika pemimpin itu adalah RT, RW, Kades/Lurah, Camat, Bupati/Walikota, Gubernur, Menteri bahkan sampai Presiden, maka pengaruhnya akan semakin besar yaitu pada satu negara. Bahkan Presiden yang hebat pengaruhnya bisa mendunia.

BACA JUGA :  Jadwal SIM Keliling, Selasa 23 April 2024 di Kota Bogor

Pemimpin itu jenis dan jumlahnya banyak banget, seperti di perusahaan swasta dan BUMN. Di pemerintah seperti kepala kantor, kepala dinas di tingkat Kota/Kabupaten, Provinsi hingga Pusat. Di beberapa Kementerian, Kepolisian, TNI, dilembaga legislatif dan yudikatif. Di semua bidang profesi, bahkan di masyarakat Ormas (Organisasi Masyarakat) seperti Muhammadiyah, NU dan lain-lain.

Baiklah akan penulis bahas, pentingnya seorang pemimpin kaya dan berilmu, yaitu:
Pertama, karena dengan ilmunya, makin dekat dengan Allah. Seorang pemimpin karena mengamalkan ilmunya, meskipun super sibuk, tapi tetap dengan apik dan disiplin menjaga shalatnya berjamaah tepat waktu di Masjid, dimanapun pemimpin ini berada.

============================================================
============================================================
============================================================