BOGOR TODAY – Menjelang Hari Raya Idul Fitri permintaan pasar meningkat, terutama untuk kebutuhan pangan seperti daging sapi dan ayam potong. Namun ditengah meningkatnya permintaan pasar, ternyata ada saja ayam potong yang dijual oleh pedagang tak sesuai syariat atau tak layak untuk dijual.

Baca Juga : Sistem Ganjil Genap Kembali Diberlakukan

Hal itu, diketahui saat Tim terpadu dari Kementrian Pertanian (Kementan) di Bidang Perekonomian bersama Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Bogor melakukan sidak di sejumlah Pasar di Kota Bogor, pada Kamis (29/4/2021).

Kepala Bidang Kesehatan Hewan dan Peternakan pada DKPP Kota Bogor, dr Wina mengatakan, bahwa inspeksi mendadak (sidak) terhadap pedagang daging dan ayam potong ini memang sudah menjadi agenda rutin yang sering dilakukan DKPP menjelang hari raya idul fitri.

Namun, dalam sidak kali ini pihaknya menemukan sejumlah pedagang ayam potong yang diduga ayamnya tidak layak untuk dijual. Tidak layaknya itu, lantaran ayam potong yang dijualnya itu tidak tidak sesuai syariat. Sebab, masih ditemukan di pembuluh darah bagian leher ayam tidak sempurna saat di potong.

Baca Juga : Kakak Beradik Pengedar Tembakau Gorila Ditangkap

Baca Juga : THM Zoom Beroperasi di Bulan Ramadan Kasat Pol PP : Kita Akan Tindak

“Kami melihat adanya bagian pembuluh darah di leher ayam yang dipotong tidak sempurna. Jadi tidak semua bagian pembuluh darahnya itu terpotong, karena kalau penyembelihan harus memotong tiga jalan ya, tapi ini hanya sebagian saja, artinya pemotongan tidak memenuhi syariat,” kata dr Wina.

Dengan ditemukannya ayam potong yang tidak layak itu, Ia pun menanyakan kepada penjual dimana mendapatkan pasokan ayam tersebut. Setelah itu, dia juga memberikan pembinaan kepada pedagang untuk membeli dan mengambil pasokan ayam dari tempat potong hewan yang sudah bersertifikat.

Baca Juga : Heboh Video Bentrok dua Kelompok Disebut di Bogor Ini Kata Polisi

Baca Juga : Larangan Mudik Bikin Sopir dan Kernet Bus Menjerit

“Temuan ini tentu menjadi pembelajaran bagi para pedagang, dan kami sarankan para pedagang ini ketika membeli ayam potong belinya di pemotongan hewan yang sudah memiliki sertifikat,” pungkasnya. (Heri)