PENDIDIKAN merupakan hal yang sangat penting dalam rangka menyiapkan generasi bangsa unggul dan berprestasi. Salah satu sistem pendidikan yang sangat bagus untuk membentuk serta mengembangkan potensi anak adalah boarding school. Dalam tulisan ini akan dibahas tentang asal-muasal boarding school sehingga sekarang banyak diadopsi sebagai sistem pendidikan di Indonesia.

Pentingnya pendidikan sudah diisyaratkan dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 yang kemudian diatur dengan pasal yang ada didalamnya. Pembukaan UUD’45 mengatakan bahwa salah satu tugas negara adalah mencerdaskan kehidupan bangsa. Pendidikan adalah sarana untuk mencerdaskan kehidupan bangsa karena itulah memiliki peranan yang sangat penting.

Baca Juga :  3 Buah Warung di Bogor Ludes Dilalap Si Jago Merah

Apa Konsep Sekolah Boarding School Itu?

Tujuan dari pendidikan adalah untuk mengembangkan secara maksimal aspek-aspek penting di dalam diri anak didik yaitu kognitif, afektif dan psikomotorik. Pendidikan yang diberikan kepada anak didik atau siswa akan membawa pengaruh yang sangat besar pada perkembangan jasmani, rohani serta psikologisnya.

Baca Juga :  Desa Pangkaljaya Realisasikan Samisade Bangun Jalan Sepanjang Jalan 1,6 Kilo Meter

Konsep sekolah boarding school atau sekolah berasrama memiliki tujuan untuk memaksimalkan tercapainya tujuan pendidikan seperti yang disebutkan di atas. Era modernisasi dan teknologi digital memang membawa banyak kemudahan serta keuntungan di banyak bidang. Hanya saja bersamaan dengan itu muncul juga masalah sosial baru berupa banyaknya pengaruh negatif pada anak.

Halaman:
« 1 2 | Selanjutnya › » Semua