BOGOR TODAY – Menjelang Hari Raya Idul Fitri, harga pangan di pasar selalu mengalami kenaikan. Hal itu disebabkan karena meningkatnya permintaan masyarakat untuk kebutuhan lebaran.

Namun tak perlu khawatir, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Bogor menyiapkan kebutuhan pangan dengan harga jauh lebih murah dibanding dengan yang ada di pasar. Pangan murah ini dipusatkan di Mitra Pasar Tani yang berlokasi di Katulampa, Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor.

Baca Juga : PKL Musiman di Pasar Kebon Kembang Diratakan

Kepala Seksi Distribusi Pangan pada DKPP Kota Bogor, Susworo mengatakan, pangan murah ini diadakan karena disinyalir di beberapa telah terjadi kenaikan harga. Untuk itu, DKPP harus hadir melakukan langkah-langkah salah satunya pangan murah. Tujuannya, agar masyarakat ini tidak khawatir dan bisa membeli kebutuhan pangan dengan harga jauh lebih murah.

“Menjelang lebaran ini di beberapa tempat harga pangan mengalami kenaikan. Untuk itu, kita hadir agar masyarakat dapat terlayani dalam memenuhi kebutuhan lebaran dalam hal ini di sektor pangan,” kata Susworo saat menggelar Pangan Murah di halaman kantor Kecamatan Tanah Sareal, Jumat (7/5/2021).

Pangan murah ini, DKPP bekerja sama dengan Bank Indonesia, Kementrian Pertanian, BKP Jawa Barat dan Pemerintah Kota Bogor. Untuk harganya pun, kata Susworo, sudah ditentukan oleh kementrian.

Baca Juga : Penuhi Kebutuhan di Hari Raya Hiswana Migas Tambah 330 Tabung Gas Elpiji

“Nah, 11 kebutuhan pangan itu diantaranya beras premium medium, bawang merah, bawang putih, cabai, gula pasir, minyak goreng, daging sapi, daging ayam, telur ayam, aneka jenis sayuran dan ikan asin. Untuk harganya lebih murah, salah satunya daging hanya dijual dengan harga Rp 90 ribu per kilo,” jelasnya.

Selain di Mitra Pasar Tani Katulampa, lanjut dia, DKPP juga melakukan jemput bola misalnya menggelar pangan murah di kantor Kecamatan Tanah Sareal ini. “Iya, kita terus jemput bola ke setiap kecamatan dan besok kita akan gelar di Bogor Barat, kemudian di hari minggunya kecamatan Bogor Selatan,” pungkasnya. (Heri)