TERUS BAGAIMANA SOLUSINYA?

Oleh : Heru B Setyawan (Guru Pengabdian SMA Pesat School Of Talent)

Harkitnas (Hari Kebangkitan Nasional) diperingati setiap 20 Mei, yang bertepatan dengan berdirinya organisasi Budi Utomo (BO) pada 20 Mei 1908 pimpinan Dr Sutomo. Dalam buku Pahlawan Indonesia (2007) karya Bima, berikut tokoh yang mempelopori Kebangkitan Nasional, yaitu:

Baca Juga : EINSTEIN SAJA ANTI ISRAEL, KAMU YANG NKRI KOK PRO ISRAEL

1. Sutomo (Dr. Sutomo) beliau keliling Indonesia untuk menanamkan rasa memiliki tanah air, beliau juga aktif di organisasi.

2. Dr Cipto Mangunkusumo tokoh pergerakan kemerdekaan Indonesia. Dirinya salah satu tokoh di Indische Partij, suatu organisasi politik yang pertama kali mencetuskan ide pemerintahan sendiri. Dirinya suka mengkritik terhadap Belanda.

BACA JUGA :  Nahas, Diduga Tersambar Petir, Warga Agam Sumbar Ditemukan Tewas dalam Kondisi Gosong

3. Ki Hajar Dewantara tokoh pendidikan dan pendiri Taman Siswa. Taman Siswa menjadi lembaga pendidikan pertama yang memberikan kesempatan bagi rakyat pribumi untuk memiliki pendidikan yang sama dengan bangsawan. Ki Hajar Dewantoro juga bergabung dengan Indische Partij.

4. Douwes Dekker salah satu peletak dasar nasionalisme Indonesia. Douwes Dekker juga seorang penulis yang kritis terhadap Belanda. Selain penulis, dirinya juga aktivis politik.

BACA JUGA :  Penemuan Mayat Pria di Parit Mandan Sukoharjo, Tak Ditemukan Kartu Identitas

Baca Juga : SAATNYA PENJAJAH ISRAEL HENGKANG DARI PALESTINA

Inilah versi ke 1 atau yang umum kita ketahui dalam sejarah selama ini. Sedang versi ke 2 Hardiknas adalah menurut Asvi Marwan sejarawan LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia)
Asvi Marwan Adam menilai penetapan tanggal lahir BO sebagai Harkitnas tidak layak.

Hal ini karena BO tidak bisa disebut sebagai pelopor kebangkitan nasional. Menurutnya, BO bersifat kedaerahan. “Hanya meliputi Jawa dan Madura saja” katanya.

============================================================
============================================================
============================================================