Oleh : Heru B Setyawan (Pemerhati Pendidikan)

SEKARANG lagi heboh orang membicarakan pembatalan jamaah haji Indonesia tahun 2021, banyak berita simpang siur, banyak hoaxs dan fitnah berseliweran. Dan biasa dilanjutkan ada yang pro dan kontra, saling menyerang, nyinyir, ujaran kebencian, bahkan ada yang dilaporkan ke polisi, astaghfirullah.

Baca Juga : PELAJAR PANCASILA MENCETAK MANUSIA INDONESIA BERKUALITAS

Maka santuy saja bro, kita bahas dengan kepala dingin, tidak perlu emosi, sambil nimum secangkir kopi. Baik akan penulis bagas hal ini. Coba pembaca yang budiman untuk membaca berita ini dengan penuh keimanan agar kita tidak salah dalam menanggapi suatu kejadian, alias cek and ricek.

BACA JUGA :  Cemilan Rumahan dengan Donat Labu yang Sedang Viral Kelezatannya

Ma’ruf Amin Tandatangani Dana Haji untuk Proyek Infrastruktur? Ini Faktanya. Beredar artikel berita berjudul “Dana Haji Dipakai Untuk Infrastruktur, Ma’ruf Amin: Saya Yang Tanda Tangani”. Tautan berita ini beredar di Facebook atas nama Salim Wahab (17 Juni 2020).

“Dari hasil penelusuran kami, klaim bahwa Ma’ruf Amin menandatangani dana haji untuk proyek infrastruktur adalah salah. Faktanya, dana haji saat ini senilai Rp135 triliun tersimpan dalam bentuk valuta asing dan rupiah yang dikelola secara profesional pada instrumen syariah yang aman dan likuid. Kesimpulannya berita tersebut hoaxs.

BACA JUGA :  Kolaborasi Antisipasi Krisis Iklim Melalui Penanaman Pohon di Wilayah Kabupaten Bogor

Di tengah polemik pemerintah tidak memberangkatkan jamaah haji tahun ini, Kepala Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) Anggito Abimanyu meluruskan kabar tersebut.

============================================================
============================================================
============================================================