BOGOR TODAY – Makanan tempe yang selama ini menjadi makanan favorit orang Indonesia, mulai dilirik oleh mancanegara. Seperti halnya, tempe A-zaki buatan warga Kelurahan Curug, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor diminati Jepang.

Rencananya, tempe yang diproduksi oleh Home Industri Tempe A-zaki itu akan di ekspor ke Jepang pada Kamis (17/6/2021).

Sebelum di ekspor ke Negeri Sakura, Home Industri Tempe A-zaki yang terletak di RW07, Kelurahan Curug itu pun di kunjungi Kepala Dinas Perdagangan dan Industri (Disdagin) Kota Bogor, Ganjar Gunawan dan juga Lurah Curug Irwansyah.

Lurah Curug, Irwansyah mengaku bangga karena tempe A-zaki yang ada di wilayahnya dilirik oleh Jepang. Menurutnya, dengan diliriknya oleh negara Jepang itu menjadi nilai plus bagi Kota Bogor, terlebih membawa nama baik kelurahan Curug di kancah internasional.

“Kami sebagai aparat wilayah tentunya sangat bangga, karena produk tempe yang selama ini diproduksi oleh warga kami mulai dilirik dan mungkin bisa dinikmati oleh masyarakat yang ada di Jepang. Produk Tempe A-zaki ini akan di ekspor ke Jepang hari Kamis dan ini merupakan yang pertama,” kata Irwansyah kepada Bogor Today.

Lanjut Irwansyah, tempe A-zaki memiliki kualitas yang bagus dan higienis, sehingga tempenya diminati dan di ekspor ke luar negeri. Selain itu, adanya home industri tempe A-zaki ini pun dapat meningkatkan ekonomi masyarakat.

“Ini bisa membangkitkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. Karena di situ banyak warga kami yang dipekerjakan,” ujarnya.

Sementara itu, Manajer Rumah Tempe A-zaki Cucup Ruhyat mengatakan, bahwa ekspor ke Jepang ini merupakan kali pertama dan diharapkan ke depan bisa merambah ke negara-negara lain yang ada di Asia.

“Kita akan mengekspor sebanyak 4,8 ton. Mudah-mudahan ke depan kita bisa mengekspor ke negara-negara Asia lainnya, seperti Korea, Cina, Filipina, Vietnam,” katanya. (Heri)