BOGOR-TODAY.COM, BOGOR – Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Rudy Susmanto meminta Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor menggandeng akademisi dan peneliti untuk membuat konsep sistem pendidikan di tengah kondisi pandemi Covid-19.

Rudy mengaku kecewa karena rencana anggaran yang diajukan Disdik untuk Tahun Anggaran 2022 hanya masih berkutat proyek rehabilitasi dan pengadaaan meubeuleur.

“Sampai hari ini sudah hampir dua tahun pandemi, saya belum melihat terobosan dari Dinas Pendidikan. Prioritasnya masih hanya sekitar proyek fisik berupa bangun RKB, rehab kelas dan pelatihan-pelatihan. Tidak ada satu juta rupiah pun yang digunakan untuk membangun sebuah sistem pendidikan yang cocok diterapkan di tengah masa pandemi saat ini,” ujar Rudy.

BACA JUGA :  Simak Ini, Makanan Vegetarian yang Bisa Jadi Pengganti Asupan Ikan

Padahal, kata Rudy, pandemi yang terjadi sejak Maret 2020 dan belum bisa diprediksi kapan akan berakhir merupakan kondisi yang tidak baik-baik saja untuk sektor pendidikan. Fenomena disrupsi yang merubah tata kelola berbagai sektor menuntut ketersediaan sumber daya manusia yang terdidik dan adaptif dengan berbagai kondisi yang cepat sekali berubah.
“Investasi terbaik saat ini bukan properti, bukan deposito, tapi sumber daya manusia. Dan pembangunan sumber daya manusia yang berkualitas ada di sektor pendidikan,” tegasnya.

Menurut Rudy, kegiatan Belajar dari rumah dengan memanfaatkan teknologi dalam jaringan berdampak pada turunnya kualitas pendidikan. Hal tersebut dikarenakan tidak semua siswa bisa mengakses pembelajaran dengan peralatan yang memadai.

BACA JUGA :  Lokasi SIM Keliling Kota Bogor, Rabu 17 April 2024

Bahkan, sekalipun untuk siswa yang keluarganya mampu memfasilitasi, pemanfaatannya juga tidak efektif karena game online dan berbagai konten digital menyita waktu belajar siswa.

“Anak-anak yang tahun lalu masuk SMP sekarang sudah kelas 2, dan kalau tahun depan pandemi masih belum terkendali lalu mereka lulus SMP dengan Ijazah SMP tetapi kualitas pendidikannya masih SD. Demikian juga mereka yang lulus SMA,” papar Rudy.

============================================================
============================================================
============================================================