BOGOR-TODAY.COM, BOGOR – Program unggulan Bupati Bogor Ade Yasin, Satu Miliar Satu Desa (Samisade) berhasil mengantarkan Desa Pondok Udik, Kecamatan Kemang, Kabupaten Bogor, masuk peringkat kedelapan Indeks Desa Membangun (IDM) tertinggi tahun 2021. Dengan nilai IDM 0,9778 dan persentase pertumbuhan + 0,39 %.

Hal ini berdasarkan publikasi data mengenai IDM tahun 2021 yang dirilis Direktorat Jenderal Pembangunan Desa dan Perdesaan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia. Data tersebut berdasarkan hasil survei yang dilakukan secara internal pada tahun 2021, untuk mengukur capaian kinerja selama satu tahun pada 74.957 desa.

BACA JUGA :  Kolaborasi Antisipasi Krisis Iklim Melalui Penanaman Pohon di Wilayah Kabupaten Bogor

Untuk diketahui,  Indeks desa membangun membagi desa menjadi lima tingkatan, yakni mandiri, maju, berkembang, tertinggal dan sangat tertinggal. Saat ini di Kabupaten Bogor tidak ada desa tertinggal maupun sangat tertinggal.

Bupati Bogor Ade Yasin mengatakan, optimistis program Samisade dapat membuat desa mandiri dan maju. Ade Yasin sudah menyalurkan Samisade senilai Rp318,5 miliar untuk 356 desa. Program bantuan keuangan ini dipakai untuk menstimulasi pembangunan infrastruktur desa yang berasal dari APBD Kabupaten Bogor.

BACA JUGA :  Warga Desa Cemplang Bogor Diteror Maling, Satu Bulan 5 Kali Aksi Pencurian

“Program Samisade dapat mendorong pemulihan ekonomi sekaligus mempercepat pencapaian Sustainable Development Goals (SDG’s) Desa. Program Samisade dengan pola padat karya diharapkan dapat membawa dampak penyerapan tenaga kerja dan menggerakkan sektor riil di akar rumput dan menciptakan multiflier effect yang mendorong pemulihan ekonomi sekaligus mempercepat pencapaian SDG’s Desa,” kata Ade Yasin.

============================================================
============================================================
============================================================