Biasanya mencari ruas yang agak panjang untuk dua bagian dari bebeletokan dengan bawah yang panjang 30 sentimeter untuk penampang dan yang bagian atas untuk pegangan yang di pakai sampai bagian “buku” batas ruas dari bambu itu.

Bagian pegangan pada lubangnya ditempatkan sebatang bambu dari bagian bambu besar yang diraut sampai bisa masuk bagian penampang bawah tadi dengan panjang disesuikan dengan panjang penambang tetapi dipotong pada ujung sepanjang 1 sentimeter.

Setelah dimasukan pegangan dan penampang seolah bersatu kembali disatukan oleh bagian dalamnya. Cara memainkannya adalah dengan memasukan kertas basah pada lubang dan ditekan dengan pegangan pada pemasukan kedua akibat tekanan dari atas, udara keluar dipaksa dan daun yang pertama dimasukan tadi akan keluar dengan mengeluarkan bunyi “tok”.

BACA JUGA :  Rumah dan Mesjid di Sukabumi Alami Rusak usai Diguncang Gempa Garut Magnitudo 6,5

Bentuk dari bebeletokan tersebut dibeberapa tempat lurus biasa tetapi sekarang pada pegangan ranting kecil atau dahan bambu dimanfaatkan untuk pegangan seperti pada pistol.

Bentuk yang semula polos menjadi seperti sebuah senjata diduga adanya pengaruh dari keberadaan Kolonial yang memakai seniata. Karena diketahui dimasyarakat kasepuhan pegangannya masih polos artinya tidak seperti sebuah senjata. Warna dari mainan ini adalah sesuai dengan warna bambu yaitu hijau tetapi setelah lama dipakai dan bambu makin kering warna berubah menjadi coklat kekuningan . Semakin tua semakin kuat karena pada bambu yang  agak muda bahkan akibat tekanan tersebut bambu akan menjadi belah.

BACA JUGA :  Bocah 4 Tahun di Lampung Dicabuli saat Kejar Kucing Masuk Rumah Tetangga

Jenis permainan ini sangat bagus bagi pertumbuhan anak anak baik itu fisik maupun mentalnya. Olah tubuh ketika memainkan bebeletokan akan melatih fisik anak-anak menjadi lebih kuat, sedangkan dari segi mental mereka akan terbiasa untuk bekerja sama dengan teman temannya. (net)

Halaman:
« 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================