BOGOR-TODAY.COM, BOGOR – Bonus Demografi bukan lagi sekedar isu, tentunya perlu persiapan untuk mengambil kesempatan tersebut, itulah salah satu alasan Ketua DPD KNPI Kabupaten Bogor, Fikri Ikhsani menginginkan gedung pemuda di Jalan Tegar Beriman, Cibinong menjadi Gedung Creative Youth Centre. Gedung tersebut diharapkan menjadi wadah untuk mencetak generasi muda kreatif.

“Kami sudah sampaikan usulan ke Pemprov Jawa Barat untuk menjadikan gedung pemuda menjadi Creative Youth Centre,” ujar Ketua Fikri saat bincang santai di Rujukan Cofee, Rabu (8/9/2021).

Baca Juga :  Bupati Bogor Ade Yasin Resmikan Program TMMD Ke-112 Tahun 2021

Menurut Fikri, generasi muda kreatif sangat dibutuhkan menghadapi era disrupsi. Apalagi, pada 2030 mendatang, Kabupaten Bogor akan menghadapi bonus demografi dimana proporsi penduduk usia kerja lebih besar dibanding penduduk bukan usia kerja.

“Artinya kita harus memulai mempersiapkan sumber daya manusia berkualitas dan ketersediaan lapangan kerja,” tururnya.

Dengan Creative Youth Centre, lanjutnya, KNPI bisa ikut berkontribusi mencetak generasi muda kreatif. KNPI, kata Fikri juga akan menggandeng pemerintah Kabupaten Bogor untuk mensinergikan program kepemudaan dan pembangunan sumber daya manusia berkualitas.

Baca Juga :  Bebeletokan, Permainan Tradisional yang Terlindas Teknologi Digital

“Kabupaten Bogor sudah punya Perda Nomor 1 Tahun 2020 tentang Kepemudaan, regulasi tersebut nanti akan menjembatani antara kebutuhan pemerintah dengan pemuda dan kebutuhan pemuda dengan pemerintah,” katanya.

Fikri menginginkan, agar program pemerintah terkait kepemudaan seperti pelatihan wirausaha muda harus terintegrasi dengan program KNPI. “Intinya kita ingin mencetak generasi muda yang mandiri, bukan hanya memenuhi kriteria kebutuhan lapangan kerja tetapi juga pemuda mandiri yang bisa membuka lapangan kerja,” pungkasnya. (Iman R Hakim)