BOGOR-TODAY.COM, BOGOR – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor menyebut bahwa sebanyak 37 kecamatan dan sejumlah desa yang berada di Kabupaten berpotensi banjir dengan kategori sedang hingga tinggi.

Dengan demikian, BPBD meminta pemerintah daerah (Pemda) perlu meningkatkan kesiapsiagaan dan kewaspadaan mengingat informasi peringatan dini cuaca pada 7 hingga 8 September 2021, pukul 07.00 WIB, wilayahnya masih berpotensi hujan dengan intensitas lebat.

BACA JUGA :  Remaja Karyawan Pelatihan Anjing Asal Lampung, Tewas Gantung Diri di Cisarua

“Potensi tersebut dapat memicu terjadinya bahaya hidrometeorologi, seperti banjir, banjir bandang dan tanah longsor,” tulis BPBD dalam keterangan yang diterima bogor-today.com, Rabu (8/9/2021).

Jika melihat periode 2015 hingga 2019, Kabupaten Bogor merupakan wilayah yang kerap terdampak bencana hidrometeorologi, seperti banjir, cuaca ekstrem dan tanah longsor.

Sehingga dalam kurun lima tahun terakhir Kabupaten Bogor termasuk wilayah dengan kejadian bencana hidrometeorologi basah paling tinggi di antara wilayah administrasi kabupaten dan kota di seluruh Indonesia.

BACA JUGA :  Resep Membuat Soto Ayam Bening Khas Solo yang Sedap dan Nikmat, Bikin Ketagihan

Pada analisis periode 2016 hingga 2020, Kabupaten Bogor merupakan wilayah yang kerap terdampak bencana di antara kabupaten dan kota lainnya di Provinsi Jawa Barat.

Sementara bedasarkan pantauan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), warga wilayah di Kabupaten Bogor patut siap siaga dan waspada.

============================================================
============================================================
============================================================