Gasing permainan tradisional yang kian asing di tangan anak-anak sekarang
Gasing permainan tradisional yang kian asing di tangan anak-anak sekarang.

BOGOR-TODAY.COMGasing atau juga disebut Gangsing merupakan permainan tradisional yang ditemukan di berbagai situs arkeologi dan masih bisa dikenali. Selain merupakan mainan anak-anak hingga orang dewasa, gasing juga digunakan untuk berjudi dan ramalan nasib.

Melansir wikipedia.org, Gasing sendiri berasal dari dua suku kata, yaitu Gang dan Sing. Dimana Gang memiliki arti lorong atau lokasi lahan dan Sing memiliki arti Suara. Dalam arti sederhananya, Gasing ini memiliki arti sebuah permainan.

BACA JUGA :  Ganda Campuran Indonesia, Rinov/Pitha Juara Runner Up Malaysia Masters 2024

Meski, masih simpang siur, para arkeolog memperkirakan, gasing sudah dimainkan oleh manusia sejak 3.500 tahun sebelum masehi.  Sampai saat ini, belum ditemukan artefak atau naskah kuno yang membahas tentang masuknya gasing ke Indonesia.

Meski begitu, gasing sudah bisa ditemukan di setiap pulau di Indonesia. Bahkan, masyarakat di berbagai pulau itu punya cerita yang berbeda-beda tentang masuknya gasing ke Nusantara.

BACA JUGA :  Daftar Pemenang Kompetisi Skateboard U-Games Southern Promises 2024 di Unida Bogor

Masyarakat di Kepulauan Riau percaya, bahwa gasing sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda, bahkan jauh sebelum itu. Masyarakat Jawa Barat juga mengatakan, bahwa gasing sudah ada sebelum kemerdekaan. Begitu juga dengan masyarakat Sulawesi, mereka percaya bahwa gasing sudah ada di Nusantara sejak tahun 1930-an (sebelum kemerdekaan).

============================================================
============================================================
============================================================