mitos atau fakta
Ilustrasi

BOGOR-TODAY.COMMitos atau fakta memakai baju basah dapat menyebabkan flu setelah terkena air hujan maupun kedinginan.

Orangtua biasanya akan memarahi anak-anaknya ketika main hujan. Sebagian orang juga beranggapan bahwa hujan-hujanan, memakai pakaian basah, dan kedinginan dapat menyebabkan flu.

Melansir laman klikdokter.com Rabu (20/10/2021) bahwa pada dasarnya, infeksi flu terjadi saat seseorang terserang virus influenza.

Menurut Center Disease (CDC), penyakit pernapasan ini sangat mudah menular dan meninggalkan ketidaknyamanan di hidung, tenggorokan, dan terkadang paru-paru.

Itu artinya, menggunakan pakaian basah dan kedinginan bukanlah penyebab flu yang utama.

BACA JUGA :  Kerutan di Kulit Bisa Diatasi dengan Rutin Konsumsi Makanan Ini

Virus bisa saja tanpa disadari sudah ada di dalam tubuh seseorang. Ketika tubuh dalam kondisi basah dan kedinginan, terjadi penurunan daya tahan dan pada saat yang bersamaan virus bertambah kuat.

Bila kebetulan virus influenza ada di dalam tubuh saat seseorang kedinginan, infeksi flu bisa saja terjadi.

“Namun, memakai pakaian basah bisa menyebabkan hipotermia atau kedinginan. Hal ini dapat memicu gejala bersin dan hidung berair,” dr. Reza Fahlevi menambahkan.

Hipotermia sendiri adalah kondisi suhu tubuh turun drastis hingga kurang dari 35 derajat Celsius. Salah satu penyebabnya adalah berkontak terlalu lama dengan suhu yang sangat dingin.

BACA JUGA :  KUSTA, KENALI PENYAKITNYA RANGKUL PENDERITANYA

Ketika terkena suhu dingin, tubuh akan kehilangan panas lebih cepat daripada yang dihasilkan. Hal ini membuat panas dalam tubuh hilang sehingga suhu tubuh turun drastis.

Orang yang memakai pakaian basah terlalu lama berpotensi mengalami kondisi hipotermia. Sebuah penelitian pada 2005 di Wales oleh Cardiff University’s Common Cold Center pernah hubungan kedinginan dan daya tahan tubuh.

============================================================
============================================================
============================================================