Tahun 2022 TPPAS
Tempat Pengolahan dan Pemrosesan Akhir Sampah (TPPAS) Regional Lulut Nambo.

BOGOR-TODAY.COM, BOGORTahun 2022 TPPAS (Tempat Pengolahan dan Pemrosesan Akhir Sampah) Lulut Nambo, direncakan mulai beroperasi. Namun hanya sebesar 40 persen dari kapasitas 1.800 ton.

Namun dioperasikannya TPPAS yang terletak di Kecamatan Klapanunggal, Kabupaten Bogor masalah baru bagi Pemerintah Kabupaten Bogor.

“Pemkab Bogor dijatah membuang sampah di TPPAS itu hanya 260 ton per hari dengan biaya Rp125 ribu per ton atau jika dikalkulasi mencapai Rp32,5 juta per hari,” kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bogor, Asnan kepada wartawan, Minggu (24/10/2021).

BACA JUGA :  8 Penyebab Susah Turunkan Berat Badan, Simak Ini

Jadi, kata Asnan bahwa Pemkab Bogor telah menganggarkan untuk membuang sampah di sana tapi hanya selama enam bulan dan itu pun masih proses perencanan karena keterbatasan anggaran.

Saat ini Pemkab Bogor masih memprioritaskan pembuangan sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Galuga, Kecamatan Cibungbulang, Kabupaten Bogor, mengingat produksi sampah harian mencapai 2.700 ton.

“Nanti kita mau lakukan penataan juga di TPA Galuga. Kita kerja sama dengan Pemkot Bogor karena memiliki area pembuangan lebih besar dari kita,” tutup Asnan.

BACA JUGA :  5 Manfaat Kubis Merah untuk Kesehatan yang Jarang Orang Tahu

Untuk diketahui, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Jawa Barat Prima Mayaningtyas Prima mengklaim, sudah tidak ada lagi ganjalan dalam pengerjaan proyek Nambo tersebut.

“Semua kabupaten/kota sudah klir.  Izin semua beres. Juga sudah ditandatangani adendum perjanjian kerja sama,” kata Prima melansir Tempo.co

============================================================
============================================================
============================================================