Glow Up Kebun Raya Bogor Disoal, Budayawan Bogor Raya Bakal Menggelar Unjuk Rasa
Glow Up Kebun Raya Bogor Disoal, Budayawan Bogor Raya Bakal Menggelar Unjuk Rasa.

BOGOR-TODAY.COM, BOGOR – Ratusan massa yang mengatasnamakan Masyakarat Kota Bogor dan budayawan Bogor Raya dikabarkan bakal menggelar aksi unjuk rasa (unras) damai di pintu masuk utama Kebun Raya Bogor (KRB) Jumat (1/10/2021).

Hal itu dilakukan seiring peralihan fungsi pengelolaan kebun raya kepada pihak ketiga, sehingga menjadi polemik yang diyakini akan merusak tatanan originalitas yang sudah terbentuk selama berabad-abad dengan hadirnya wisata malam (glow up).

BACA JUGA :  Pj. Bupati Bogor Terima Kunker Komisi X DPR RI Bahas Isu Perundungan dan Kekerasan

Dalam keterangan tertulisnya, yang diterima bogor-today.com, Kamis (29/9/2021) malam Koordinator Aksi, Ki Oman Sobari menuturkan bahwa dalam aksinya tersebut terdapat 10 tuntutan yang akan disampaikan. Di antaranya mengeluarkan pihak swasta dan investor dari KRB untuk dikembalikan ke institusi semula.

Kedua, kembalikan fungsi KRB dari marwah semula, yaitu sebagai area penelitian, edukasi dan area rekreasi alam bagi seluruh lapisan masyarakat yang terjangkau oleh kalangan.

BACA JUGA :  Konsisten Selama 10 Tahun, Vihara Dhanagun Jaga Keberagaman Lewat Santunan dan Buka Puasa Bersama

“Kami menolak keras segala bentuk komersialisasi yang berkaitan dengan eksploitasi KRB, karena akan berdampak rusaknya tatanan originalitas yang sudah terbentuk selama berabad-abad,” terang Ki Oman.

============================================================
============================================================
============================================================