Oleh : Heru B Setyawan (Guru Purna Bakti SMA Pesat School Of Talent)

SUDAH 93 tahun bangsa Indonesia memperingati Hari Sumpah Pemuda, yaitu sejak 28 Oktober 1920. Sumpah Pemuda adalah tonggak yang membakar persatuan dan semangat pemuda waktu itu untuk menempuh perjalanan panjang menuju kemerdekaan bangsa Indonesia. Adapun isi asli dari Sumpah Pemuda adalah sebagai berikut:

Kami poetra dan poetri Indonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah Indonesia, Kami poetra dan poetri Indonesia mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia, Kami poetra dan poetri Indonesia mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia.

Baca Juga :  Bogor Today Mobile Legends Tournament Resmi Berakhir, Squad 747 Sabet Juara 1

Peristiwa yang luar biasa ini, otomatis menginspirasi pemuda pada peristiwa luar biasa yang lain, seperti, peristiwa rengas Dengklok, yaitu peristiwa semangat dan tuntutan golongan pemuda kepada golongan tua untuk segera mempercepat memproklamirkan kemerdekaan bangsa Indonesia.

Ada juga demo besar-besaran dari mahasiswa dan kaum muda  yang menuntut Bung Karno mundur, karena tidak mau membubarkan PKI. Serta peristiwa reformasi yang membuat Soeharto mengundurkan diri, karena demo mahasiswa dan kaum pemuda yang sampai menduduki gedung DPR dan MPR untuk menuntut Soeharto mundur karena KKN (Korupsi, Kolusi dan Nepotisme) serta pelanggaran HAM yang banyak terjadi pada masa pemerintahanya.

Halaman:
« 1 2 | Selanjutnya › » Semua