Nama Tirto Adhi Soerjo
Pemerintah Kota Bogor berencana mengannti nama Jalan Kesehatan menjadi tokoh pers Tirto Adhi Soerjo. Foto : Istimewa.

BOGOR-TODAY.COM, BOGORNama Tirto Adhi Soerjo bakal menggantikan Jalan kesehatan, Tanah Sareal, Kota Bogor.  Rencana tersebut bakal diresmikan pada peringatan hari pahlawan tepatnya 10 November 2021 mendatang.

Pergantian nama tersebut sempat diungkapkan Wakil Walikota Bogor Dedie A Rachim saat Konferensi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Bogor, beberapa waktu lalu.

Menurut Dedie, pergantian nama jalan tersebut seiring dengan letak markas Sekretariat Kantor PWI Kota Bogor bernaung.

“Raden Mas Djokomono Tirto Adhi Soerjo, termasuk yang menjadi pelopor jurnalistik di Indonesia yang saat ini dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Blender, Tanah Sareal. Pemkot Bogor dalam waktu dekat bakal mengabadikan tokoh pers tersebut sebagai nama jalan,” Kata Dedie, Senin (8/11/2021).

BACA JUGA :  Jadwal SIM Keliling Kabupaten Bogor, Selasa 23 April 2024

Tak hanya Jalan Kesehatan, Dedie juga menyebutkan bahwa Jalan Ciheuleut akan digantikan dengan nama R.S.A. Kartadjumena. Kartadjumena merupakan salah satu wali kota periode awal yang juga kontribusinya cukup banyak untuk kota Bogor.

Dengan pencanangan itu, sambung Dedie, diharapkan bisa membangkitkan semangat pers dalam membangun negeri. Terutama membangkitkan marwah PWI Kota Bogor sebagai mitra dari Pemkot Bogor.

“Kita abadikan pada tanggal 10 November nanti,” tegasnya.

Kemudian bertepatan dengan peringatan Hari Pahlawan juga, Taman Makam Pahlawan (TMP) Dreded Bogor akan mengalami sedikit perubahan dengan melakukan renovasi.

BACA JUGA :  Goguma Latte with Jelly, Minuman Segar yang Legit dan Creamy

“Sehingga upacara hari pahlawan pada 10 November akan dilaksanakan di TMP dalam suasana yang lebih baik.

Profile Tirto Adhi Soerjo

Melansir wikipedia.org, Tirto Adhi Soerjo lahir di Blora, Jawa Tengah dengan nama Raden Mas Djokomono dan wafat di Batavia 7 Desember 1918.

Pada umur sekitar 37 atau 38 tahun Tirto Adhi Soerjo dinobatkan menjadi seorang tokoh pers dan tokoh kebangkitan nasional Indonesia. Ia juga dikenal juga sebagai perintis persuratkabaran dan kewartawanan nasional Indonesia. Namanya sering disingkat T.A.S.

============================================================
============================================================
============================================================