Cendol Elizabeth Hipnotis Menlu Inggris
Cendol Elizabeth Hipnotis Menlu Inggris Elizabeth Truss Saat Berkunjung ke Bogor. Foto : Istimewa.

BOGOR-TODAY.COM, BOGORCendol Elizabeth hipnotis Menlu Inggris, Elizabeth Truss saat dirinya berkunjung ke Bogor guna membangun kerjasama ekonomi perdagangan dan teknologi, dan mendukung peningkatan startup Indonesia dalam program Nurture to Scale, Jumat (12/11/2021)

Pertemuan bilateral dengan jajanan khas Indonesia dari Kota Bandung cendol Elizabeth menjadi jamuan istimewa dalam bincang antara Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat dan Pemerintah Inggris pun menjadi lebih cair.

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengungkapkan rasa bangganya karena mendapat kehormatan kunjungan dari Menteri Luar Negeri Inggris Elizabeth Truss. Dan yang paling istimewa, kata Emil sapaan akrabnya, cendol Elizabeth yang populer di Jabar serupa dengan nama menteri tersebut.

BACA JUGA :  Warga Gunungsindur Bogor Digegerkan dengan Penemuan Seorang Pria Gantung Diri dalam Sebuah Gubug

Elizabeth memang menjadi nama yang umum di Britania Raya termasuk itu juga menjadi nama Ratu Inggris,” kata Emil.

Selepas pertemuan Gubernur membeberkan permintaan Menlu Inggris yang menawarkan untuk membuka restoran di London dengan menu es cendol.

“Jadi beliau meminta kalau bisa buka restoran di London ada cendolnya lah itu tentang diplomasi cendolnya,” ujar kang Emil.

Menurutnya, diplomasi model seperti itu kerap dilakukannya. Sebelum cendol Elizabeth, kopi kerap digunakan Emil dalam berbagai kunjungan kerja ke luar negeri sebelum pandemi, bahkan hingga saat ini.

BACA JUGA :  Lokasi SIM Keliling Kota Bogor, Selasa 30 April 2024

Dengan demikian, dengan minuman kopi efektif menggaet kerjasama bisnis, budaya, dan pemerintahan. Pada Februari 2020, Gubernur meluncurkan Kafe Jabarno di 555 Flinders Lane, Kota Melbourne, negara bagian Victoria, Australia.

Lalu, pada Mei lalu Emil sukses menjadikan batik sebagai alat diplomasi yang efektif ketika menyatukan Indonesia – Korea Selatan di mana artis K- Pop Leeteuk dan Yesung Super Junior berpose mengenakan batik rancangan Ridwan Kamil dan membuat ramai pemberitaan di kedua negara. (B. Supriyadi)

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================