BOGOR-TODAY.COMTren rokok Tingwe (linting dewe) setahun terakhir ini cukup menjadi tren. Kebiasaan baru ini pun muncul karena kenaikan cukai rokok semakin tahun yang eksesif, sehingga tingwe menjadi alternatif cukup menarik bagi para perokok.

Namun demikian, tingwe sendiri kebanyakan menggunakan tembakau tanpa cukai yang menyebabkan harganya jauh lebih murah. Jika dilihat dari bahayanya, produk tembakau alternatif ini diketahui memiliki kandungan zat kimia berbahaya yang lebih rendah dibanding konvensional. Namun, bukan berarti produk tembakau alternatif tidak berbahaya sama sekali. Ada pula risiko yang dapat ditimbulkan dari produk tembakau ini.

BACA JUGA :  Delman di Bantul Terperosok ke Parit 3 Meter, Diduga Kuda Tak Bisa Dikendalikan

Tren rokok Tingwe

Lalu apa manfaat penggunaan produk tembakau alternatif ini?

Melansir alodokter.com, Jumat (3/11/2021) berbeda dengan rokok tembakau biasa, produk tembakau yang dipanaskan dan vape menggunakan sistem pemanasan, bukan dengan pembakaran.

Dengan menggunakan sumber panas listrik, produk tembakau alternatif tersebut menghantar nikotin dan menghasilkan uap atau aerosol, bukan asap yang dihasilkan rokok tembakau biasa.

BACA JUGA :  Polisi Tangkap Perempuan Muda di Lampung yang Curi Uang Mertua Belasan Juta Rupiah

Sebagai contoh, produk tembakau yang dipanaskan menggunakan alat khusus pada suhuh maksimun 350 derajat celcius untuk memanaskan tembakau.

Dengan menghilangkan proses pembakaran, jumlah zat kimia berbahaya yang dihasilkan oleh produk tembakau alternatif menjadi jauh lebih sedikit dibandingkan rokok tembakau biasa.

Bahkan, produk tembakau alternatif tidak mengandung tar dan karbon monoksida, dua zat paling berbahaya yang terdapat pada rokok tembakau biasa.

============================================================
============================================================
============================================================