Jumlah kasus HIV
Jumlah kasus HIV (human immunodeficiency virus ) Aids di Kabupaten Bogor dilaporkan sebanyak 374 jiwa terinfeksi. Jumlah tersebut tercatat dari Januari hingga September 2021. Foto : Ilustrasi.

BOGOR-TODAY.COM, BOGOR –  Jumlah kasus HIV (human immunodeficiency virus ) Aids di Kabupaten Bogor dilaporkan sebanyak 374 jiwa terinfeksi HIV Aids. Jumlah tersebut tercatat dari Januari hingga September 2021. Sedangkan pada tahun 2020 lalu ditemukan sebanyak 398 kasus.

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor, Adang Mulyana menyebut bahwa secara kumulatif jumlahnya mencapai 2.616 orang yang didominasi usia  25 hingga 49 tahun.

Baca Juga :  Video Viral Kedekatan Ririe Fairus dan Nissa Sabyan, Netizen Malah Dibuat Geram

“Kami terus melakukan pencegahan untuk meminimalisir kasus tersebut. Jika diprediksi jumlah kasus HIV Aids di Kabupaten Bogor tahun ini masih akan terus bertambah. Saat ini, Dinkes masih melakukan pendataan,” ungkapnya.

Dengan demikian, untuk mencegah penularan HIV Aids di Kabupaten Bogor, pihaknya akan melakukan skrining pada populasi berisiko. Seperti ibu hamil, pasien TBC, pasien infeksi menular seksual (IMS), dan populasi kunci atau kelompok masyarakat yang rentan terhadap penularan HIV.

Baca Juga :  Pabrik Obat Ilegal di Bogor Digerebeg, Polisi Temukan Puluhan Butir Obat Keras

Selain itu, Sambung Adang upaya lainnya yang dilakukan Dinkes Kabupaten Bogor yakni dengan memberikan alat kontrasepsi (kondom) kepada wanita pekerja seks komersial, dan komunitas LSM sebagai kepanjangan tangan pemerintah dalam memberikan edukasi.