Warga sangat antusias menyambut kampung mereka menjadi salah satu destinasi wisata yang digarap pemkot Bogor bersama pemprov Jabar. Galeri utama Kampung Perca berlokasi di atas lantai tiga bangunan yang selama ini menjadi tempat berkegiatan para ibu penjahit dari Sindangsari. Sisanya, bakal dibuat di rumah warga.

kampung percaKini Kampung Perca yang berada dalam binaan Dekranasda Kota Bogor, mampu menarik dukungan lebih luas. Antara lain dari KADIN, PHRI dan juga Bank BJB.  Kehadiran Pemerintah Provinsi Jawa Barat di acara itu pun menjadi angin segar tersendiri.

“Pak Gubernur nanti akan mendukung dan mengembangkan lebih lanjut, misal akan dibuat homestay, sehingga pengunjung bisa menginap di sini sambil menikmati keseharian bersama warga yang kreatif ini. Tentunya, proses pengembangan ini akan mengalir terus.  Semuanya akan dikembangkan terus,” ungkap Bima.

BACA JUGA :  Lokasi SIM Keliling Kota Bogor, Selasa 21 Mei 2024

Berbagai dukungan dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat itu tentu akan semakin memperkuat eksistensi kampung tematik baru di Kota Bogor itu.

Lurah Sindangsari, Asep Faisal Rahman mengakui, sejumlah bantuan CSR pengembangan Kampung Perca  menyasar pada peningkatan sarana dan prasarana bagi para pelaku usaha di dalamnya. Ibu-ibu yang tergabung dalam Kampung Perca itu diberdayakan secara optimal. Tujuan jangka panjangnya agar bisa menularkan kreativitas yang sama ke semua warga di sekitar Kampung Perca.

BACA JUGA :  Pemkot Buka Penutupan Jalan ke Plaza Jambu Dua, PT GAW Keberatan Dianggap Akses Publik

“Kita memang niatnya pemberdayaan ekonomi masyarakat, terutama ibu-ibu. Banyaknya CSR dan bantuan itu adalah bonusnya. Kita mau kembangkan terus untuk mengurangi pengangguran, termasuk akan kita berdayakan anak-anak muda,” terang Asep.

kampung percaIa juga bakal menekankan penguatan skill dan manajemen kepada para penjahit di Kampung Perca. Untuk bisa bersaing dengan industri-industri besar, kemampuan ibu-ibu harus terus diasah.

Diharapkan Kampung Perca Sindang Sari bisa menjadi inspirasi bagi wilayah lain di Kota Bogor. Inpirasi dalam hal memberdayakan ekonomi masyarakat dan mengembangkan wilayah dengan memanfaatkan potensi wilayah masing-masing. (Advertorial)

Halaman:
« 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================