Museum pajajaran
Wali Kota Bogor, Bima Arya saat mengekspose kinerja Pemkot Bogor 2021, Kamis (30/12/2021).

BOGOR-TODAY.COM, BOGOR – Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor berencana membangun Museum Pajajaran di kawasan Batutulis, Kota Bogor. Rencana tersebut sudah dikoordinasikan bersama Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Jawa Barat) dan Banten.

Menurut Wali Kota Bogor, Bima Arya rencana pembangunan itu dilakukan guna menghimpun dan melestarikan benda-benda bersejarah peninggalan dari Kerajaan Pajajaran.

“Inshaa Allah pada 2024 kawasan itu diubah dan akan merasakan aura suasana kerajaan Pajajaran. SD yang berdekatan dengan lokasi pembangunan itu sudah dilakukan relokasi,” terang Bima dalam giat kaleidoskop akhir tahun di Rumah Dinas (Rumdin) Walikota Jalan Pajajaran, Kamis (30/12/2021).

BACA JUGA :  Cocok untuk Penderita Diabetes, Ini Dia 7 Cemilan yang Enak, Sehat, dan Aman

Pembanguan museum Pajajaran itu, sambung Bima akan diawali dengan berdirinya balai Ageung (Besar) yang akan dibangun pada awal tahun 2022.

Terkait rencana pembangunan museum ini juga, menurut Bima tentunya akan melibatkan peneliti anthropologi yang betul-betul memahami peninggalan-peninggalan lainnya dari Kerajaan Pajajaran yang diyakininya masih tercecer di kawasan Batutulis.

BACA JUGA :  Lokasi SIM Keliling Kabupaten Bogor, Rabu 8 Mei 2024

Berdasarkan keterangan dari juru kunci, Bima mengisahkan bahwa pihaknya beberapa bulan kebelakang mendapat informasi lokasi Prasasti Batutulis di masa Kerajaan Pajajaran merupakan tempat penobatan bagi raja-raja. Prabu Siliwangi juga dikisahkan sebagai raja di prasasti tersebut.

============================================================
============================================================
============================================================