Guncang Banten
Gempa bumi magnitudo (M) 5,4 mengguncang Banten, Senin (17/1/2022) sekira pukul 07.25.58 WIB. Gempa juga dirasakan hingga Bogor dan Sukabumi, Jawa Barat

BOGOR-TODAY.COM, BANTEN – Gempa bumi magnitudo (M) 5,4 guncang Banten, Senin (17/1/2022) sekira pukul 07.25.58 WIB. Gempa juga dirasakan hingga Bogor dan Sukabumi, Jawa Barat.

Dalam keterangan tertulisnya, yang diterima Bogor-today.com, Kepala Pusat Gempa bumi dan Tsunami Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bambang Setiyo Prayitno menyebut gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

“Pusat gempa berada di laut 84 km BaratDaya Bayah, waktu:17-Jan-22 07:25:56 WIB, kedlmn:10 Km, gempa ini dirasakan(MMI):II-III Cikembar, II-III Cireunghas, Kab. Sukabumi, II-III Pelabuhanratu, II-III Sumur, II-III Bogor, III Bayah, III Pandeglang, III Cikeusik, III Panimbang, II-III Jakarta Barat, II-III Jakarta Selatan, II-III Tambun,” tulis Bambang.

BACA JUGA :  Berdampak Positif Bagi Masyarakat, Pemkab Bogor Dukung Rencana Pengembangan IPB University di Dramaga dan Jonggol

Hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M5,2. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 7,55 ° LS ; 105,83° BT , atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 100 km arah Barat Daya Kota Pelabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat pada kedalaman 42 km.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat adanya deformasi di zona subduksi. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan naik ( thrust fault ).

Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut.

Bambang mengimbau, kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yg membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah.

BACA JUGA :  Wajib Coba, Aktivitas Seru Camping Ground di Harris Sentul Bogor

“Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (https://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id), telegram channel (https://t.me/InaTEWS_BMKG), atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg atau infobmkg,” tutupnya (*)

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================