Waspada !! 6 Bahaya Skincare yang Mengandung Steroid

skincare

BOGOR-TODAY.COM, BOGOR – Pernahkah Anda mendengar skincare yang mengandung steroid?

Steroid adalah senyawa organik lemak sterol tidak terhidrolisis yang didapat dari hasil reaksi penurunan dari terpena atau skualena. Steroid merupakan kelompok senyawa yang penting dengan struktur dasar sterana jenuh dengan 17 atom karbon dan 4 cincin.

Steroid topikal adalah cara mudah untuk merawat organ terluar dari tubuh manusia, yaitu kulit. Bahan ini dianggap sebagai pengobatan andalan dari banyak kondisi dermatologis karena dapat diterapkan langsung ke daerah yang terkena dan memiliki lebih sedikit efek samping dibandingkan dengan steroid oral.

BACA JUGA :  Wedang Tape Ketan, Santapan Hangat Enak Dinikmati Saat Hujan

Steroid topikal tersedia dalam berbagai bentuk, seperti salep, krim, losion, gel, dan bahkan bubuk. Bentuk salep adalah yang paling manjur dari kelimanya, yang lain mungkin lebih sesuai untuk kondisi tertentu. Misalnya, karena bedak pandai menyerap kelembapan dan menutupi area kulit yang luas, bedak mungkin lebih baik untuk mengobati kondisi seperti jamur kaki atau ruam popok.

Meskipun steroid topikal memiliki manfaat besar dalam mengurangi peradangan, kandungan ini juga dapat menyebabkan berbagai efek samping tertentu.

Banyak dari efek-efek ini terkait dengan penggunaan jangka panjang, tetapi yang lain dapat terjadi dalam beberapa hari setelah memulai perawatan. Efek samping atau bahaya yang ditimbulkan berkisar dalam tingkat keparahan dari ringan dan sementara, hingga permanen.

BACA JUGA :  DPRD Kota Bogor Bahas LKPJ Terakhir Bima Arya

Dilansir dari Verywell Health, berikut adalah berbagai bahaya skincare mengandung steroid. Simak selengkapnya di sini yuk!

  1. Takifilaksis

Takifilaksis adalah penurunan cepat dalam respons terhadap steroid topikal karena penggunaan yang berulang. Penggunaan steroid yang berlebihan dapat menyebabkan kulit mengembangkan toleransi terhadap obat, sehingga menjadikannya tidak berguna.

============================================================
============================================================
============================================================