Gempa 5,3 SR Guncang Pangandaran

GEMPA

BOGOR-TODAY.COM, PANGANDARAN – Wilayah Samudera Hindia Selatan Jawa diguncang gempa tektonik. Gempa dengan magnitudo 5,3 SR mengguncang Kabupaten Pangandaran.

Berdasarkan info dari laman instagram #infoBMKG, gempa terjadi pada Kamis, 27 Januari 2022 sekira pukul 23.03.06 WIB. Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M5,2. Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 8,81° LS ; 108,09° BT , atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 130 kilometer arah Selatan Kota Pangandaran, Jawa Barat pada kedalaman 42 kilometer.

BACA JUGA :  Lokasi SIM Keliling Kota Bogor, Selasa 30 April 2024

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia ke bawah Lempeng Eurasia.

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan turun mendatar ( oblique normal).

BACA JUGA :  Konsumsi Ini Sebelum Tidur, 3 Minuman Penghancur Lemak Perut

Guncangan gempabumi ini dirasakan di daerah Pangandaran, Cilacap dan Kebumen dengan skala intensitas III-IV MMI, Tasikmalaya, Banjar dan Ciamis dengan skala intensitas III MMI, Garut dan Periangan dengan skala intensitas II MMI.

============================================================
============================================================
============================================================