Tanah Bergerak di Lebak Banten

Pergerakan tanah

BOGOR-TODAY. COM, LEBAK – Dua rumah dan satu rumah produksi tahu rusak akibat fenomena pergerakan tanah yang terjadi pada Kamis (27/1/2022) sekitar pukul 15.00 WIB di Kampung Kebon Kelapa, Desa Cilangkap, Kecamatan Kalanganyar, Lebak.

Berdasarkan informasi, tanah bergerak turun hingga mencapai 1,5 meter. Lantai rumah terlihat berjarak dengan tanah di sekitarnya. Retakan pada dinding rumah pun terlihat jelas.

BACA JUGA :  Diduga Hanya Menegur, Pria di Probolinggo Dikeroyok 5 Pemuda hingga Babak Belur

Bukan hanya itu, tiang rumah pun sudah terlihat miring. Di sekitar lokasi kejadian, sudah ada benang kuning menandakan garis aman pantauan.

Pemilik rumah Karman mengatakan, kejadian ini terjadi sekitar pukul 15.00 WIB. Pergerakan tanah pelan membuat retakan ringan di sekitar kamar mandi.

Tanah terus bergerak turun. Retakan di kamar mandi menjalar hingga ke lantai dapur di rumahnya.

BACA JUGA :  DPRD Desak Pemkot Selesaikan Masalah Kemiskinan dan Pengangguran di Kota Bogor

“Perlahan-lahan, ada suara ‘trek-trek-trek’ langsung pada keluar (anak-istri). Terasa (gerakan tanah) tapi enggak kencang pelan-pelan,” Kata Karman, Kamis (27/1/2022).

Karman bercerita, pada saat kejadian dirinya sedang bekerja di rumah produksi tahu. Mendengar anaknya memanggil, Dia lantas menghampiri.

============================================================
============================================================
============================================================