Fenomena Hujan Es
Ilustrasi Hujan Es.

BOGOR-TODAY.COMFenomena hujan es telah terjadi dalam sepekan ini di beberapa wilayah seperti Surabaya, Lampung, Bekasi, dan wilayah lainnya. Kejadian tersebut disertai juga dengan hujan intensitas lebat dalam durasi singkat yang disertai kilat atau petir dan angin kencang.

Badan Meteorologi, Geofisika, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebut bahwa fenomena hujan es merupakan salah satu fenomena cuaca ekstrem yang terjadi dalam skala lokal dan ditandai dengan adanya jatuhan butiran es yang jatuh dari awan serta dapat terjadi dalam periode beberapa menit.

BACA JUGA :  Sinergi Jaga Ketahanan Pangan, Sekda Kabupaten Bogor Hadiri Rakor Bersama Sekda Se-Jawa Barat 

Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Guswanto dalam keterangan tertulisnya, Selasa (22/2/2022) mengatakan bahwa fenomena hujan es dapat terjadi karena dipicu oleh adanya pola konvektifitas di atmosfer dalam skala lokal-regional yang signifikan.

BACA JUGA :  Oknum Polisi Tega Cabuli Anak Tiri di Surabaya Berkali-Kali

“Hujan es dapat terbentuk dari sistem awan konvektif jenis Cumulonimbus, umumnya memiliki dimensi menjulang tinggi, menandakan bahwa adanya kondisi labilitas udara signifikan dalam sistem awan tersebut sehingga dapat membentuk butiran es di awan dengan ukuran yang cukup besar,” terang Guswanto seperti mengutip akun Twitter Humas info BMKG.

============================================================
============================================================
============================================================