kopi
10 Minuman Pengusir Rasa Kantuk Selain Kopi. Foto : Ilustrasi mengantuk.

BOGOR-TODAY.COM – Pada umumnya, bila merasakan ngantuk pilihan utama akan jatuh pada kopi, khususnya bagi mereka yang bekerja sepanjang waktu. Si hitam nan pahit dan asam ini dapat mengembalikan semangat serta mengusir rasa kantuk lantaran kopi mengandung kafein di dalamnya.

Namun sayangnya, kopi kerap menimbulkan sejumlah efek samping. Beberapa di antaranya adalah peningkatan asam lambung, GERD, hingga perubahan warna pada gigi.

Lalu, adakah minuman alternatif sebagai pengganti kopi?

Melansir beberpa sumber, berikut 10 minuman pengusir rasa kantuk selain kopi yang dapat menjadi pilihan :

  1. Minuman Cokelat

Kopi

Dalam secangkir minuman cokelat, terdapat kurang lebih 5 sampai 10 miligram kafein.

Jumlah tersebut memang lebih sedikit dibanding kafein dalam kopi. Namun, kafein yang ada dalam minuman penahan kantuk ini tetap mampu membuat Anda lebih terjaga dan segar kembali.

  1. Minuman Berkarbonasi atau Soft Drink
BACA JUGA :  Agar Tak Mudah Sakit saat Puasa, 5 Minuman Ini Bisa Tambah Imunitas

kopi

Minuman penghilang ngantuk lainnya adalah soft drink. Minuman jenis ini umumnya mengandung kafein sebanyak 20 hingga 40 miligram.

Akan tetapi, Anda perlu waspada karena soft drink cenderung tinggi akan kandungan gula. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda memilih jenis soft drink dengan kandungan gula yang sedikit (low sugar) atau tanpa gula.

  1. Teh Pekat

kopi

Teh juga dapat menjadi alternatif minuman pencegah ngantuk dan sumber asupan kafein. Dalam secangkir teh, terdapat 40 hingga 120 miligram kafein; jumlah yang sama bahkan melebihi kopi dengan volume yang serupa.

Perlu diingat, hindari penggunaan gula berlebihan saat Anda menyeduh teh. Jika ingin menambah pemanis, lebih baik menggunakan madu daripada gula pada umumnya.

  1. Teh Hijau
BACA JUGA :  Kecelakaan Beruntun 2 Truk CPO dan Mobil di Sijunjung Tewaskan 2 Sopir

kopi

Teh hijau merupakan salah satu minuman yang dapat Anda konsumsi agar tidak ngantuk. Jenis teh ini mengandung 30 hingga 50 miligram kafein dalam satu cangkir.

Selain efek kafein yang membuat lebih semangat, teh hijau juga dapat meningkatkan mood sehingga Anda akan merasa lebih nyaman dan senang.

  1. Minuman Berenergi

kopi

Dalam satu sediaan minuman berenergi, terdapat kafein sebanyak 50 hingga 160 miligram. Jumlah kafein yang cukup banyak ini membuat minuman berenergi sering dipilih oleh mereka yang harus kerja lembur.

============================================================
============================================================
============================================================