Banjir 3 Meter Merendam Lima Kecamatan di Jombang

Banjir 3 Meter Merendam Lima Kecamatan di Jombang

BOGOR-TODAY.COM, JATIM – Banjir dilaporkan ketinggian air mencapai 3 meter merendam lima kecamatan di Kabupaten Jombang, Jawa Timur.

Lima wilayah yang terdampak banjir Jombang, antara lain adalah Kecamatan Mojoagung, Kecamatan Ploso, Kecamatan Sumobito, Kecamatan Kudu, Kecamatan Plandaan.

Dari informasi yang dihimpun, ketinggian air mulai dari yang terendah 1 meter hingga paling tinggi 3 meter.

Banjir kali ini merupakan banjir terparah pada tahun 2022 ini. Lokasi terparah di Desa Kedemangan, Kecamatan Mojoagung yang terendam air setinggi 3 meter.

BACA JUGA :  Wajib Coba, Aktivitas Seru Camping Ground di Harris Sentul Bogor

Langkah cepat langsung dilakukan oleh BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Kabupaten Jombang dengan membuat posko pengungsian dan dapur umum di seluruh lokasi banjir.

“Mulai kemarin kita sudah mendirikan posko pengungsian buat warga serta dapur umum,” kata Pepi Supervisor Pusdalops BPBD Jombang, Jumat (11/3/2022).

Lanjut Pepi menjelaskan, penyebab terjadinya banjir disebabkan intensitas atau curah hujan yang tinggi sejak 2 hari lalu. Kondisi ini membuat beberapa sungai yang melintasi 5 kecamatan tersebut tak mampu menampung debit air yang tinggi.

BACA JUGA :  Parigi Moutong Diguncang Gempa M4,8, Terasa di Sausu hingga Poso

“Dibit air tinggi, hingga ada sungai yang jebol dan air masuk kepemukiman warga dan persawahan,” jelasnya.

Kini, relawan dan petugas BPBD Jombang masih di lokasi yang terendam banjir untuk mengevakuasi korban untuk diselamatkan. “Semoga air segera surut dan warga bisa kembali aktifitas seperti biasanya,” harap Pepi. (net)

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================