Disdik Gelar Workshop Peningkatan Kompetensi Guru Mata Pelajaran Smp

Disdik Gelar Workshop

BOGOR-TODAY.COM, BOGOR – Guna meningkatkan kompetensi tenaga pendidik daerah, Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor menyelenggarakan kegiatan peningkatan komptensi guru mata pelajaran jenjang SMP Tahun 2022.

Kepala Bidang Pembinaan SMP Disdik Kabupaten Bogor, Ucu Sunarya menjelaskan, kegiatan ini menyasar kepada pelatihan bagi guru mata pelajaran Bahasa Indonesia dan Pendidikan Jesmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK).

“Kegiatan pelatihan memfokuskan kepada pengembangan kompetensi pedagogic, kepribadian, sosial dan profesionalisme guru. Dimana pelatihannya dilaksanakan selama tiga hari mulai dari tanggal, 09 s.d 11 Maret 2022 yang diikuti sebanyak 110 orang di salah satu hotel dibalangan Jalan Raya Puncak, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor,” jelasnya.

BACA JUGA :  Pj. Bupati Bogor Sampaikan Laporan Keuangan Pemkab Bogor Tahun 2023 Kepada BPK

Lanjut Ucu, untuk memperkuat pembahasan materi kepada peserta pihaknya melibatkan akademisi dan pemerintah pusat sebagai narasumber kegiatan.

“Untuk lingkup materinya sendiri meliputi, model pembelajaran High Order Thinking Skill (HOTS) dan STEM Mata Pelajaran Bahasa Indonesia dan PJOK yang nantinya akan dikembangkan dalam kurikulum prototype,” paparnya.

BACA JUGA :  Tuban Jatim Diguncang Gempa Terkini M3,7 Kamis Pagi Ini

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor, Juanda Dimansyah mengtakan, pihaknya berharap melalui kegiatan pelatihan ini para tenaga pendidik akan memiliki kompetensi yang mencakup kecakapan pengajaran hingga profesionalisme.

“Pemutahiran sistem belajar harus kita lakukan, mengingat perkembangan kebutuhan edukasi peserta didik yang efektif serta efisien sangat menjadi prioritas. Salah satunya dengan mengembangkan metode pembelajaran berbasis HOTS dan STEM dengan tujuan perubahan kultur akademik yang berbasis karakter, analisa dan evaluasi terhadap siswa,” pungkasnya.(*)

============================================================
============================================================
============================================================