7 kuliner
Ayam taliwang khas lombok. Foto : Istimewa.

BOGOR-TODAY.COM, NTB – Jalan-jalan ke Mandalika rasanya kurang seru tanpa mencicip 7 kuliner khasnya nih. Di Mandalika, Anda akan disuguhkan kuliner khas Destinasi Super Prioritas yang sudah menjadi deretan kuliner Indonesia yang mendunia, lho! Penasaran ada apa aja?

Yuk simak 7 kuliner khas Mandalika

1. Sate bulayak

Kalau mampir ke sini, And wajib mencicipi nikmatnya perpaduan rempah dalam potongan daging sapi yang tersaji pada kuliner bernama sate bulayak. Sate ini berbeda dari kebanyakan sate lainnya karena bumbu sate bulayak terbuat dari kacang tanah sangrai yang dimasak bersama santan, sehingga cita rasanya menyerupai bumbu kari. Uniknya lagi, lontong yang disajikan bersama sate bulayak khas Lombok tersebut dibungkus menggunakan daun aren. Terdengar autentik banget ya?

2. Ayam Taliwang

Buat para pencinta makanan pedas, pasti sudah nggak asing lagi dengan olahan ayam khas Nusa Tenggara Barat ini. Betul, ayam taliwang! Kenikmatan kuliner ayam berpadu bumbu tradisional yang jadi salah satu kuliner Indonesia yang sudah dikenal dunia ini memang selalu memuaskan lidah. Kombinasi rasa pedas manis dengan rempah yang melimpah, sukses membuat siapa saja jatuh cinta dengan nikmatnya hidangan ayam taliwang dan nasi putih hangat.

BACA JUGA :  Lokasi SIM Keliling Kabupaten Bogor, Jumat 19 Juli 2024

3. Sayur Ares

Selain batang bambu muda alias rebung yang bisa diolah jadi sayur lezat, pelepah pisang juga bisa lho disulap jadi masakan enak oleh masyarakat Lombok! Makanan ini bernama sayur ares. Sayur yang dimasak dari pelepah (batang pisang muda) dengan santan bumbu merah serta tulang atau daging ayam. Sayur ini memiliki nama lain jukut ares dan kerap disantap saat musim hujan untuk menghangatkan tubuh.

4. Ayam Rarang

Selain ayam taliwang ada pula olahan ayam pedas lainnya yang tak kalah menggoda, yaitu ayam rarang. Ayam rarang memiliki bumbu pedas yang terbuat dari sambal goreng cabai rawit yang disebut sebagai bumbu plecing oleh masyarakat lokal. Dengan warna merah merona, cita rasa ayam rarang pun semakin nikmat karena jenis ayam yang dipilih merupakan ayam kampung.

BACA JUGA :  Maluku Barat Daya Diguncang Gempa Bumi M4,5 Hari Ini

5. Nasi Balap Puyung

Layaknya nasi kucing atau nasi rames khas Jawa, Lombok juga punya hidangan nasi khasnya, yaitu nasi balap puyung. Nasi balap puyung atau yang juga dikenal dengan nama nasi puyung merupakan hidangan berbahan nasi putih dengan ayam goreng, suwiran abon pedas, sambal, kacang kedelai goreng, kelapa parut, dan tumis sayur berupa kacang panjang atau buncis sebagai lauk pendampingnya. Pas banget jadi menu sarapan atau pengganjal lapar saat malam hari!

6. Plecing Kangkung

Ada plecing kangkung di Lombok? Selain Bali, Lombok juga terkenal akan plecing kangkungnya yang pedas dan menggugah selera. Plecing kangkung Lombok memiliki ciri khusus pada bahan utamanya yang wajib menggunakan tauge dan parutan kelapa muda berbumbu pedas di atasnya. Hal ini berbeda dengan plecing kangkung Bali yang tidak wajib menggunakan tauge dan tanpa ada parutan kelapa di atasnya.

======================================
======================================
======================================