– Kurma dengan yoghurt

– Smoothies stroberi pisang

– Semangkuk susu sereal

– Bubur kacang hijau atau kolak

– Salad buah sayur dengan saus mayonaise atau thousand island (batasi penggunaan saus)

  • Penuhi Asupan Cairan Tubuh

Menu buka puasa bagi penderita diabetes yang juga sangat penting untuk dipenuhi adalah mengonsumsi cairan yang cukup. Hal ini tentunya harus kamu terapkan dengan minum air putih. Perbanyak minum air putih dan batasi konsumsi minuman lainnya. Hindari juga minuman yang mengandung kafein seperti kopi atau teh karena dapat membuat kamu mengalami dehidrasi.

  • Hindari Makan Gorengan

Gorengan merupakan salah satu makanan yang harus dihindari bagi penderita diabetes ssaat buka puasa. Sebenarnya, hal ini juga berlaku bagi setiap orang karena gorengan memiliki banyak dampak negatif untuk tubuh.

BACA JUGA :  Nobar Timnas Indonesia, Dirut Tirta Pakuan: Dukung Perjuangan Anak Bangsa

Menu buka puasa bagi penderita diabetes yang aman dan sehat perlu menghindari gorengan. Selain itu, kamu juga perlu membatasi konsumsi makanan tinggi kadar asam lemak jenuh dan asam lemak trans lainnya seperti kue-kue manis, es krim, dan makanan bersantan.

  • Hindari Konsumsi Roti

Dalam mengatur menu buka puasa bagi penderita diabetes yang aman dan sehat, kamu perlu menjauhi atau menghindari roti. Hal ini disebabkan karena roti memiliki indek glikemik yang tinggi. Makanan dengan indeks glisemik tinggi seperti kentang, biskuit, dan roti putih kurang dianjurkan karena mudah dicerna dan diserap. Hal ini dapat membuat kamu mudah lapar kembali setelah makan.

  • Jangan Makan Berlebihan
BACA JUGA :  Cemilan Manis Gurih dengan Puding Pandan Thai (Kanom Piakpoon), Mudah Dibuat

Tidak hanya memperhatikan konsumsi makanan dan minuman, kamu juga perlu memperhatikan kebiasaan saat makan. Walaupun kamu sudah merasa sangat kelaparan setelah berpuasa seharian, kamu tidak boleh makan berlebihan.

Makanlah dengan porsi seperti biasanya ketika sedang tidak puasa atau gunakan piring kecil agar tidak makan terlalu banyak.

Itulah beberapa menu buka puasa bagi penderita diabetes yang aman dan sehat. Jadi, mengonsumsi makanan dalam jumlah yang cukup dan komposisi yang sehat saat buka puasa dapat membuat penderita diabetes tetap sehat dalam menjalani puasa selama 1 bulan penuh.

Itu dia menu makanan yang perlu penderita diabetes makan dan hindari. (net)

Halaman:
« 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================