BOGOR-TODAY.COM, BOGOR – Seseorang yang mengidap diabetes memiliki gangguan dalam produksi dan kerja hormon insulin, sehingga kadar gula dalam darah meningkat. Maka, menu buka puasa bagi penderita diabetes tentunya berbeda dengan orang yang tidak mengalaminya.

Alangkah baiknya jika penderita diabetes diberikan rasa kenyang dalam waktu lama dan tidak menaikkan kadar gula darah secara tiba-tiba.

Kami telah mengumpulkan beberapa makanan yang baik untuk dikonsumsi dan tidak baik yang kami sarankan untuk penderita diabetes, diantaranya adalah…

  • Berikut beberapa menu makanan utama untuk berbuka bagi penderita diabets yang aman:

– Setengah mangkuk nasi putih dengan tumis brokoli tahu jamur, 1 buah tahu goreng, 1 mangkuk kecil ayam jahe bawang putih

– Setengah mangkuk nasi merah dengan 1 potong ayam bakar, 1 potong tahu atau tempe rebus sedang, tumis kangkung, 1 mangkuk kecil sup ayam dengan sayuran

BACA JUGA :  2 Kali Erupsi Jumat Pagi Ini, Gunung Semeru Letuskan 500 Meter di Atas Puncak

– 1–2 lembar roti gandum utuh dengan semangkuk sedang sup kacang merah yang berisi potongan daging sapi dan wortel

– Satu buah ubi ungu kukus ukuran sedang dengan ikan goreng balado dan tumis kangkung.

  • Pilih Sumber Karbohidrat Kompleks sebagai Makanan Utama

Menu buka puasa bagi penderita diabetes untuk makanan utama adalah sumber karbohidrat kompleks. Beberapa makanan yang membuat rasa kenyang bertahan lama seperti gandum, biji-bijian, dan nasi merah bisa menjadi pilihan sumber karbohidrat kompleks yang aman dan sehat.

Selanjutnya, kamu bisa mengombinasikannya dengan sayuran, sumber protein seperti daging, ikan, atau tahu/ tempe. Sumber asam lemak sehat yang meningkatkan kolesterol baik (HDL) dapat diperoleh dari ikan atau alpukat.

  • Konsumsi Buah sebagai Makanan Ringan
BACA JUGA :  Bima Arya Cerita Kisah Perjalanan 10 Tahun Menata Kota Bogor

Menu buka puasa bagi penderita diabetes yang pertama adalah buah. Tapi, kamu tentunya tidak boleh mengonsumsi sembarang jenis buah. Kamu harus memilih buah yang memiliki indeks glisemik rendah, seperti pisang, apel, pir, dan jeruk. Selain itu, jus buah juga bisa menjadi alternatif, asalkan kamu membuatnya sendiri tanpa tambahan apapun.

Kurma juga baik untuk dikonsumsi saat berbuka karena mengandung serat dan indeks glisemiknya rendah. Pilih kurma asli yang tidak diberikan gula tambahan. Kombinasikan kurma dengan yogurt atau makanan lain.

Berikut beberapa menu makanan ringan untuk berbuka bagi penderita diabets yang aman:

– Semangkuk sedang buah potong (pir/apel/pepaya) atau 2 buah jeruk ukuran sedang

============================================================
============================================================
============================================================