Perda Disahkan, Biskita Trans Pakuan Bisa Disubsidi APBD

Biskita Trans Pakuan

BOGOR-TODAY.COM, BOGOR –Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor bersama Perumda Trans Pakuan dan Kodjari menggelar pres conference terkait operasional Biskita Trans Pakuan Kota Bogor di Paseban Sri Bima, Balai Kota Bogor, Senin (4/4/2022).

Press conference ini selain menyampaikan rencana ke depan terkait program By The Service (BTS) sekaligus menjelaskan lebih detail terkait program BTS di Kota Bogor.

“Banyak yang belum sepenuhnya memahami apa itu program BTS dan rencana ke depan seperti apa,” ujar Wali Kota Bogor, Bima Arya.

Baca Juga :  31 Warga Cugenang Belum Ditemukan Usai Gempa Cianjur

Bima Arya mengatakan, program BTS merupakan program bantuan dari pemerintah pusat melalui Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) untuk mendorong transportasi perkotaan yang sifatnya adalah subsidi. Ia menekankan yang perlu dipahami semua yakni transportasi di negara mana pun pasti di subsidi pemerintah.

“Ini satu hal yang perlu diluruskan, layanan transportasi semuanya itu adalah tentang subsidi. Di Amerika Serikat dan di Eropa subsidi transportasi mencapai 70 persen dari biaya operasional. Jadi banyak sekali yang salah paham kenapa harus disubsidi,” jelasnya.

Baca Juga :  Istri Vincent Raditya Melahirkan Bayi Perempuan Setelah Seminggu Menikah

Bahkan kata dia, Gubernur DKI Jakarta pun meningkatkan subsidi sampai 180 persen untuk public transport di Jakarta. Jadi BTS ini adalah tentang subsidi, tidak bisa hanya mengandalkan dari tiket. Menurutnya, Biskita Trans Pakuan Bogor pun bisa disubsidi APBD setelah Perda-nya disahkan.

“Insya Allah September nanti Perda-nya sah. Dan untuk sampai kapan Biskita tidak berbayar, jawabannya sampai pemerintah pusat mengeluarkan regulasi khusus dananya masuk ke siapa,” imbuhnya.