temukan takjil mengandung formalin
Loka POM Kabupaten Bogor melakukan sidak pedagang takjil di Cibinong. (Foto: dok. Loka POM Kabupaten Bogor)

BOGOR-TODAY.COM, BOGOR – Pengawas Obat dan Makanan (POM) Kabupaten Bogor temukan takjil mengandung formalin dari sejumlah penjual di sepanjang Jalan KSR Kusmayadi, Cibinong, Kabupaten Bogor.

Pengecekan makanan itu dilakukan untuk memastikan takjil yang dijual aman dari bahan-bahan berbahaya, seperti formalin, boraks, dan rodamin.

Kepala Loka POM Kabupaten Bogor Iltizam menyebut bahwa kegiatan pemeriksaan makanan yang akan dijadikan menu berbuka puasa itu rutin dilakukan setiap tahun saat Ramadan.

“Ini upaya untuk melindungi masyarakat dari makanan yang mengandung bahan-bahan berbahaya,” kata Iltizam dalam keterangan tertulisnya, Jumat (8/4/2022).

BACA JUGA :  Daftar Pebulu Tangkis Indonesia di Thailand Open 2024

Menurutnya, terdapat 18 sampel makanan yang dijual beberapa pedagang yang diuji menggunakan alat uji cepat atau rapid test. Hasilnya, lima sampel dinyatakan positif mengandung zat berbahaya formalin. Makanan itu seperti, mi glosor, tahu, dan es taro.

Atas penemuan itu, Iltizam mengimbau kepada para pedagang untuk memilih bahan-bahan makanan yang sehat sebelum diolah menjadi menu takjil dan dijual ke masyarakat. Selain diberikan imbauan, para pedagang juga diberi buku panduan berisi informasi cara-cara memilih bahan makanan dan menjaga makanan agar tetap sehat.

BACA JUGA :  Kejuaraan Tarung Derajat Wali Kota Bogor Cup II 2024, Persiapan Menuju Porprov 2026

Kepada warga yang datang membeli takjil, Iltizam mengingatkan untuk selalu memastikan makanan yang dibeli aman dan sehat dengan mengecek kemasan, label, izin edar, dan kedaluwarsa.

“Masyarakat kita minta juga kepeduliannya agar jangan ragu melaporkan ke pihak BPOM jika menemukan pangan yang dicurigai mengandung bahan berbahaya,” pungkasnya. (B. Supriyadi)

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================