tidak makan sahur
Waspada Dampak Tidak Makan Sahur, Risiko Hipoglikemia Mengintai. Foto : Ilustrasi.

BOGOR-TODAY.COM – Sahur adalah waktu yang amat krusial guna memberi cadangan energi pada tubuh untuk menjalani ibadah puasa selama sehari penuh. Terkadang, karena terlalu lelah di malam sebelumnya, bisa jadi Anda tidak makan sahur karena bangun kesiangan. Hati-hati, hal ini malah bisa merugikan kondisi kesehatan Anda.

Melansir klikdokter.com, Minggu (17/4/2022) dr. Sepriani Timurtini Limbong mengatakan, pada dasarnya Anda tidak disarankan untuk puasa tanpa sahur terlebih dahulu. Sebab, hal tersebut akan membuat tubuh menjadi kehilangan glukosa. Akibatnya kondisi ini bisa meningkatkan risiko hipoglikemia, yakni rendahnya kadar gula darah di dalam tubuh.

Jika orang yang tidak sahur sampai mengalami hipoglikemia, maka dia akan merasa lemas, pusing, dan bisa pingsan.” jelas dr. Sepri.

BACA JUGA :  4 Bahan Sederhana Bisa Bikin Cemilan Enak, Ini Dia Cara Membuat Jasuke di Rumah

Adapun gejala lain yang bisa dirasakan oleh tubuh saat Anda mengalami hipoglikemia adalah jantung berdebar, keringat dingin, linglung, sulit bernapas, hingga kehilangan kesadaran.

Apabila di tengah-tengah berpuasa merasakan gejala di atas (bukan sekadar lemas), sebaiknya Anda tidak memaksakan diri untuk melanjutkan puasa. Segeralah konsumsi minuman atau makanan yang mengandung gula secukupnya lalu beristirahat.

Sementara itu, dr. Melyarna Putri menyebutkan, sahur juga sangat penting bagi penderita mag yang ingin berpuasa. Sebab, bila penderita mag sampai melupakan sahur, lambung akan kosong dalam waktu yang lebih lama, sehingga menyebabkan rasa nyeri pada lambung karena asam lambung yang bergejolak.

BACA JUGA :  Minuman Pelepas Dahaga dengan Es Cincau Serut Gula Merah yang Manis Pas

Tips agar gampang bangun sahur

Sebenarnya ada beberapa cara mudah yang bisa Anda lakukan agar tidak melewatkan waktu sahur karena terlambat bangun lagi, yaitu:

Tidur lebih awal

Jangan pernah begadang saat bulan puasa, apalagi memutuskan untuk mencoba tidak tidur sama sekali karena takut melewatkan waktu sahur. Sebab, hal itu justru bikin Anda rentan terlelap mendadak saat mendekati waktu sahur.

Solusinya, tidurlah lebih awal supaya tubuh mendapat waktu istirahat yang cukup dan Anda bisa bangun lebih mudah.

============================================================
============================================================
============================================================