Alfamart
Petugas gabungan tengah berupaya mengevakuasi korban yang tertimbun reruntuhan bangunan Alfamart di Kecamatan Gambut, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, Senin (18/4/2022).

BOGOR-TODAY.COM, BANJAR – Sebuah bangunan Alfamart di Kecamatan Gambut, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan tepatnya di Jalan Ahmad Yani km 14 ambruk. Tiga orang dilaporkan meninggal dunia tertimpa reruntuhan bangunan.

Melansir cnnindonesia.com, Selasa (19/4/2022) berdasarkan keterangan saksi mata, bangunan Alfamart itu sempat mengalami keretakan selama sepuluh detik sebelum ambruk hingga membuat sejumlah pelanggan termasuk karyawan terjebak.

BACA JUGA :  Sirkuit Rumpin Bakal jadi Semi Mandalika, Rampung Tahun 2025

Kapolda Kalimantan Selatan Irjen Pol Rikwanto menyebut bahwa informasi yang didapat dari warga sekitar bangunan Alfamart yang memiliki 3 lantai itu merupakan gedung tua yang sudah berusia kira-kira 20 tahun dan berdiri di atas tanah bekas rawa atau lahan gambut.

Kemudian kondisi alam seperti kerap terendam air karena wilayah rawa atau gambut hingga bencana banjir, sehingga patut diduga secara konstruksi tidak sesuai dengan kondisi awal berdiri.

BACA JUGA :  Rapat Paripurna Terakhir Bima Arya - Dedie Rachim, Sahkan 2 Perda

Namun, untuk memastikan penyebab peristiwa ini, Polda Kalimantan Selatan akan mendatangkan Tim Laboratorium Forensik (Labfor) Polri cabang Surabaya di Polda Jawa Timur.

“Mudah-mudahan hari ini sudah datang untuk melakukan pemeriksaan dan olah TKP,” kata Rikwanto dalam keterangannya.

============================================================
============================================================
============================================================