Minta baca masyarakat
Prihatin Minimnya Minat Baca Masyarakat, Komunitas Maca Rempug Jasinga Gelar Perpustakaan Keliling di taman Desa Setu, Kecamatan Jasinga, Kabupaten Bogor, Rabu (18/5/2022).

BOGOR-TODAY.COM, BOGOR – Minimnya minat baca masyarakat, menjadi keprihatinan bagi sekelompok pemuda asal Kecamatan Jasinga, Kabupaten Bogor yang tergabung dalam komunitas bernama Maca Rempug Jasinga (MRJ).

Atas keprihatinannya itu, mereka menggelar lapak baca atau perpustakaan keliling dengan memanfaatkan ruang terbuka di taman Desa Setu, Kecamatan Jasinga, Kabupaten Bogor.

Salah satu penggerak komunitas MRJ, Rifki mengungkapkan bahwa komunitas yang sudah berjalan lebih dari satu tahun itu berawal dari masing-masing anggota yang sadar akan pentingnya sebuah literasi yang bisa menambah wawasan maupun jendela pengetahuan tanpa harus sekolah mahal.

BACA JUGA :  Resep Membuat Tumis Udang Cabe Hijau yang Pedas Nampol Bikin Nagih

Untuk bukunya sendiri, kata Rifki merupakan hasil swadaya antar teman, lalu sebagian dibeli dan ada juga hasil sumbangan.

“Iya sudah setahun lebih kita ngampar (menggelar, red) buku, awalnya sih hanya sebatas komunitas tongkrongan tempat kita diskusi dan berbagi antar kita saja, tapi lama-lama kita sadar dan kita belajar berbuat sesuatu yang bermanfaat entah untuk pribadi maupun lainnya,” ungkap Cibuy sapaan akrabnya, Rabu (18/5/2022).

============================================================
============================================================
============================================================