Perubahan Rute KRL, Penumpang di Stasiun Manggarai Membeludak

BOGOR-TODAY.COM, JAKARTA – Mencapai 400 ribu jumlah penumpang di Stasiun Manggarai, Jakarta Selatan, pada Senin (30/5/2022) sore. Jumlah tersebut merujuk pada data hingga pukul 17.00 WIB.

Jumlah tersebut terhitung sejak pagi. Dia memprediksi, volume penumpang di Stasiun Manggarai bisa menembus angka 600 ribu orang sampai malam hari. Hal itu diungkap VP Corporate Secretary KAI Commuter, Anne Purba.

“Sampai pukul 17.00 WIB, hampir mencapai 400 ribu. Kami prediksi volume penumpang bisa 600 ribu penumpang,” kata Anne.

Anne menambahkan, jumlah penumpang yang transit di Stasiun Manggarai pada Minggu (29/5/2022) kemarin mencapai 129 ribu orang. Diprediksi, penumpang yang transit pada hari ini mencapai 150 ribu orang.

“Kemarin hari Minggu melayani 129 ribu orang yang transit di Manggarai, kami prediksi hari ini bisa lebih dari 150 ribu,” beber Anne.

BACA JUGA :  Komisi III DPRD Kota Bogor Soroti Pembangunan 2 Unit Sekolah Satu Atap

Perubahan Rute KRL

Sebelumnya, Per 28 Mei 2022, rute KRL Commuter Line hanya melayani rute langsung menuju Jakarta Kota. Penumpang dari arah Bogor yang ingin menuju Stasiun Sudirman, Stasiun Tanah Abang, ataupun Stasiun Kampung Bandan maka harus transit dan berganti kereta di Stasiun Manggarai.

Sebelumnya terdapat dua jurusan langsung yang disediakan yaitu Bogor-Jakarta Kota dan Bogor-Jatinegara yang salah satunya melintasi Stasiun Sudirman dan Stasiun Tanah Abang.

Penumpang Bogor yang akan menuju Tanah Abang dapat transit di Stasiun Manggarai dengan melewati dua stasiun yakni Stasiun Sudirman dan Stasiun Karet.

“Nantinya pengguna KRL tidak harus menyeberang jalur rel lagi dan bisa mengurangi aktivitas di passengers crossing yang berpotensi membahayakan nyawa penumpang saat menyeberang jalur rel,” ujar Vice President (VP) Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba.

BACA JUGA :  Dijamin Tidur Nyenyak dengan 6 Kebiasaan Malam Hari Ini

Para penumpang KRL dari Bogor yang ingin menuju ke beberapa stasiun seperti Sudirman, Tanah Abang, Duri Kampung Bandan, hingga Jatinegara sudah tidak bisa langsung. Jika tetap ingin menuju stasiun-stasiun tersebut bisa tetap dilakukan dengan transit di Stasiun Manggarai.

Tidak hanya rute Bogor, KRL Cikarang/Bekasi juga akan dialihkan. Tidak ada lagi rute Stasiun Cikarang/Bekasi ke arah Stasiun Jakarta Kota. Dari Stasiun Cikarang/Bekasi rutenya akan memutar ke arah Sudirman, Tanah Abang, Duri, Kampung Bandan, Jatinegara, dan kembali ke Cikarang.

Bagi penumpang yang akan ke arah Jakarta Kota dari Bekasi ataupun Cikarang bisa melakukan transit di Stasiun Manggarai dan berganti kereta menuju jalur Bogor-Jakarta Kota. (net)

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================