komunitas sepeda tua Indonesia
Peringati hari sepeda sedunia 2022 atau World Bicycle Day, dan hari lingkungan hidup komunitas sepeda tua Indonesia (KOSTI) Kota Bogor menggelar gowes bersama yang digelar secara serentak di kota-kota besar di Indonesia, Minggu (5/6/2022).

BOGOR-TODAY.COM, BOGOR – Peringati hari sepeda sedunia 2022 atau World Bicycle Day, dan hari lingkungan hidup komunitas sepeda tua Indonesia (KOSTI) Kota Bogor menggelar gowes bersama yang digelar secara serentak di kota-kota besar di Indonesia, seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Cirebon, Medan, Makasar dan kota lainnya.

Dengan mengusung tema “sejuta sepeda, satu Indonesia”, Ketua Kosti Kota Bogor, A. Iwan Mokhamad Ridwan menyebut bahwa kegiatan bersepeda ini telah dicanangkan secara internasional yang ditetapkan pada 3 Juni atau pada tahun 2015 lalu oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

“Kami mengajak masyarakat untuk beralih kepada lingkungan, yang sesuai dengan salah satu visi misi kita adalah matikan mesin kembali berolahraga dengan sepeda yang ramah lingkungan (anti polusi-red),” ujar Iwan kepada bogor-today.com, Minggu (5/6/2022).

BACA JUGA :  Menu Makan Siang Simple dengan Gulai Terong Berkuah Rempah yang Sedap dan Nikmat

Setelah gowes berkeliling Kota Bogor, sambung Iwan pihaknya bersama 50 anggota lainnya dan warga sekitar akan melakukan aksi bersih-bersih dengan memungut sampah di sekitaran taman Peranginan bersama warga sekitar.

Dengan digelarnya kegiatan gowes tersebut Iwan berharap dapat menyosialisasikan bahwa bersepeda itu sehat.

Sebagai informasi, Hari Sepeda Sedunia 2022 atau World Bicycle Day 2022 merupakan perayaan kelima sejak Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menetapkan tanggal 3 Juni sebagai Hari Sepeda Sedunia.

Dikutip dari National Today, penetapan ini berasal dari hasil kampanye Profesor Leszek Sibilski dan dukungan dari Turkmenistan dan 56 negara lain untuk Hari Sepeda Sedunia.

BACA JUGA :  Bengkulu Utara Diguncang Gempa Terkini Magnitudo 4,4

Awalnya Sibilski yang tinggal di Amerika Serikat memulai kampanye untuk mempromosikan resolusi PBB yang akan menetapkan hari untuk advokasi dan perayaan sepeda sederhana di seluruh dunia.

Pada tahun 2015, Sibilski mendedikasikan dirinya untuk sebuah proyek akademis, yaitu mengeksplorasi sepeda dan perannya dalam pembangunan. Proyek tersebut terjadi dalam gerakan besar yang didukung oleh “Mobilitas Berkelanjutan untuk Semua”.

Hingga pada tanggal 12 April 2018, PBB akhirnya menetapkan 3 Juni sebagai Hari Sepeda Sedunia atas kesepakatan surat resmi oleh 193 negara anggota Majelis Umum PBB. (B. Supriyadi)

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================