BOGOR-TODAY.COM, LEBAK – Tanah di lebak kembali bergerak, tepat di Kampung Kebon Kelapa, Desa Cilangkap, Kecamatan Kalanganyar, kejadian tersebut terjadi semalam usai diguyur hujan deras.
Awaludin, Warga bernama mengungkapkan awal tanah di desanya itu retak. Dia mengatakan sempat mendengar suara seperti genting retak sore hari.

“Awalnya dengar ada suara retakan kaya genting pecah gitu, itu (suara) kira-kira jam 6 sore yah (kemarin),” kata Awaludin asaat dimintai keterangan, Sabtu (11/6/2022).

BACA JUGA :  Ucapan Akhir Kepemimpinan Bima Arya dan Dedie Rachim: Hatur Nuhun Sadayana, Abdi Pamit

Awaludin mengatakan, tanah mulai retak sekitar pukul 19.00 WIB. Pergerakan tanah terus terjadi hingga pukul 22.00 WIB.

“Sedikit-sedikit mulai retak. Awalnya jalan, terus ke rumah yang ada warungnya. Sebelum kaya gini ada hujan deras dulu,” tuturnya.

Karena khawatir tanah kembali bergerak, dia pun memutuskan untuk mengungsi ke tempat yang aman. “Ngungsi, takut soalnya,” jelasnya.

Dikonfirmasi, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lebak Febby Rizky Pratama mengatakan, kejadian ini merupakan yang kedua di desa tersebut setelah sebelumnya terjadi pada (27/1) lalu. Tanah tersebut, kata Febby, memang berpotensi mengalami pergerakan sebab berdekatan dengan aliran Sungai Ciujung.

BACA JUGA :  Bandar Sabu di Bogor Berhasil Ditangkap, Polisi Temukan Barbuk 57,78 gram

“Waktu itu (Januari) kita sudah melakukan pemetaan, memang retakannya akan terus turun. Kemungkinan retakan akan melintang, awalnya kan di sebelah sungai kemungkinan akan melintas ke jalan,” ujar Febby.

============================================================
============================================================
============================================================