14 Juni
Ilustrasi Hari Donor Darah Sedunia.

BOGOR-TODAY.COM, BOGOR14 Juni setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Donor Darah Sedunia. Momentum itu diperingati dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya donor darah dan produk darah yang aman untuk transfusi.

Tak hanya itu, Hari Donor Darah Sedunia juga menyoroti kontribusi pentingnya donor darah sukarela yang tidak dibayar untuk sistem kesehatan nasional.

Berikut seluk-beluk Hari Donor Darah Sedunia 2022.

BACA JUGA :  Penderita Autoimun Harus Hindari 5 Makanan Ini!

Sejarah Hari Donor Darah Sedunia

Dikutip dari laman resmi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Selasa (14/6/2022), Hari Donor Darah Sedunia pertama kali diperingati pada tahun 2004. Hari tersebut juga ditetapkan sebagai acara global tahunan oleh WHO ke-58 pada tahun 2005.

Selain itu, Hari Donor Darah Sedunia pada tanggal 14 juga dirayakan untuk memperingati ulang tahun Karl Landsteiner. Ia adalah sosok ahli biologi dan dokter Austria yang dianggap sebagai “pendiri” transfusisi darah modern.

BACA JUGA :  Sandwich Salad Tuna, Menu Sarapan yang Simple Dijamin Keluarga Suka

Pada tahun 1901, Karl Landsteiner berhasil menemukan golongan darah ABO dan mengembangkan sistem klasifikasi golongan darah modern. Hingga pada tahun 1930, ia dianugerahi Hadiah Nobel dalam Fisiologi atau Kedokteran.

============================================================
============================================================
============================================================