BOGOR-TODAY.COM – Mungkin kebanyakan orang sering kali bergadang, emtah itu karena pekerjaan sedang menumpuk, menjelang ujian, atau terlalu asyik bermain game dan menonton film. Padahal, keesokan harinya harus melakukan aktifitas seperti biasanya.

Agar tubuh dapat berfungsi dengan baik, orang dewasa disarankan untuk tidur malam selama 8 jam. Ketika bergadang, jam tidur akan berkurang drastis dan rasa kantuk pun akan menyerang Anda pada pagi harinya. Hal ini dapat memengaruhi fungsi tubuh, khususnya otak, sehingga Anda sulit berkonsentrasi dan membuat keputusan.

Kamu mau tubuh tetap fit walaupun malamnya anda bergadang? Berikut kami akan berikan tips agar badan kamu tetap fit setelah bergadang

Tips agar Tubuh Tetap Fit setelah Bergadang

  1. Konsumsi minuman berkafein
BACA JUGA :  Pohon-Tiang Listrik Tumbang Hingga Tutup Jalan di Manggis Karangasem

Untuk mengatasi rasa kantuk yang muncul akibat bergadang, Anda bisa mengonsumsi minuman berkafein, seperti kopi dan teh. Kandungan kafein diketahui dapat melawan zat alami tubuh yang memicu kantuk dan membuat tubuh menjadi lebih fit.

Namun, hindari mengonsumsi minuman kafein secara berlebihan dan sesuaikan dengan dosis harian yang dapat diterima oleh tubuh. Batas asupan kafein yang dianggap wajar adalah sekitar 400 miligram per harinya atau setara dengan 4 cangkir kopi seduh.

Hindari pula konsumsi minuman berenergi untuk menghilangkan rasa kantuk, karena kandungan kafein pada jenis minuman ini umumnya cukup tinggi. Bila dikonsumsi secara berlebihan, minuman berenergi bisa berbahaya bagi tubuh.

  1. Lakukan olahraga ringan
BACA JUGA :  Ini Lokasi SIM Keliling di Kota Bogor, Rabu 27 Maret 2024

Saat berada di kantor, Anda bisa melakukan olahraga ringan seperti jalan cepat, naik-turun tangga, lari di tempat, atau sedikit peregangan yang bisa membuat tubuh bergerak. Aktivitas ini dapat meningkatkan kinerja otak dan membuat Anda tetap terjaga.

Selain itu, Anda juga dapat melakukan senam aerobik selama 30–40 menit sebelum berangkat kerja untuk mendapatkan tubuh yang lebih fit setelah bergadang.

  1. Luangkan waktu untuk tidur siang

Luangkan waktu untuk tidur siang pada jam istirahat selama 15–20 menit. Namun, usahakan untuk tidak terlalu lama tidur siang karena justru membuat Anda pusing setelahnya.

============================================================
============================================================
============================================================