Untuk menghindari susah tidur malam, anda perlu mengetahui penyeban-penyebabnya terlebih dahulu.

Berikut penyebab susah tidur paling umum yang dialami oleh kebanyakan orang.

  1. Stres
    Stres merupakan salah satu penyebab susah tidur paling umum. Stres bisa memengaruhi durasi dan kualitas tidur karena kadar hormon kortisol meningkat. Efeknya, detak jantung meningkat dan otot menjadi tegang sehingga tubuh tidak rileks dan mengganggu tidur.
  2. Main Gadget atau HP
    Tanpa disadari, kebiasaan bermain gadget menjelang waktu tidur bisa membuat susah tidur. Cahaya biru yang dipancarkan layar gadget bisa menurunkan produksi hormon melatonin, yaitu hormon yang mengatur siklus tidur. Selain itu, penelitian juga mengungkapkan bahwa cahaya biru dapat meningkatkan kewaspadaan otak dan dapat merangsang fungsi kognitif yang pada akhirnya membuat tubuh terjaga dan menjadi susah tidur.
  1. Makan
    Kebiasaan makan mendekati waktu tidur juga bisa menyebabkan susah tidur di malam hari. Saat makan, tubuh melepas hormon insulin untuk mengolah makanan menjadi energi. Proses ini membuat ritme sirkadian atau siklus tidur terganggu hingga menyebabkan terjaga di malam hari.
  2. Kafein
    Konsumsi minuman berkafein seperti kopi dan teh enam jam menjelang tidur bisa menyebabkan susah tidur. Kafein bisa menghambat kerja adenosin, yaitu senyawa aktif di otak yang memicu rasa kantuk.
  3. Kurang Sinar Matahari
    Meski terdengar tidak masuk akal, kurang terkena paparan sinar matahari bisa menjadi penyebab susah tidur di malam hari. Paparan sinar matahari pagi hari bisa memperbaiki siklus tidur dan membuat tubuh terjaga sepanjang hari.
BACA JUGA :  Pemkab Bogor Terima Kunjungan Spesifik Komisi II DPR RI Bahan Program PTSL Bagi Masyarakat

Selain beberapa hal di atas, susah tidur juga bisa disebabkan oleh hal lain, seperti kamar tidur yang kurang nyaman, baru melakukan perjalanan jauh dengan zona waktu berbeda, hingga efek dari konsumsi obat tertentu seperti metylphenidate. (net)

Halaman:
« 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================